4 Transfer Pemain Sepakbola Dianggap Blunder Sepanjang Sejarah

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bursa transfer sudah biasa dalam dunia sepak bola. Meski demikian, proses perpindahan pemain dari satu tim ke tim lain sangat kompleks. Sebab, tranfer melibatkan banyak hal termasuk proses scouting, melihat kebutuhan tim, hingga tawar-menawar harga.

Transfer pemain dilakukan sebuah klub biasanya demi mendongkrak performa atau untuk memperdalam skuat tim. Namun jual beli ini kadang berujung blunder. Bukannya memperkuat tim, pemain yang dibeli dengan harga selangit justru membuat performa tim jatuh. Dikutip dari berbagi sumber, berikut daftar transfer pemain yang dianggap "blunder" sepanjang sejarah sepak bola :  

Mario Balotelli ke Manchester City

Mario Balotelli pernah jadi pemain bertitel wonderkid terbaik di sepakbola Italia saat berseragam Inter Milan. Sematan tersebut membuat Balotelli hengkang ke Liga Inggris memperkuat Manchester City selama tiga musim. Balotelli lalu bergabung ke AC Milan dan bersinar disana.

Penampilan gemilang Balotelli membuat Liverpool terpincut untuk meminangnya dengan mahar 16 juta Euro. Namun, saat berseragam Liverpool, Balotelli justru alami penurunan performa dengan hanya mencetak satu gol di Liga Inggris saat dilatih Brendan Rodgers. Balotelli dijual secara gratis setelah dipinjamkan ke Milan.

Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona

Ibra selalu mencetak gol dimanapun ia bertandang membela sebuah klub. Salah satunya di Barcelona, lbra mencetak 21 gol saat bermarkas di Camp Nou. Kala itu, Ibrahimovic direkrut Barcelona dengan biaya 59 juta Euro dari Inter Milan. Anehnya, Barcelona menukar Ibrahimovic dengan Samuel Eto’o.

Baca Juga : Tendangan Roket N'Douasel Hancurkan Madura United

Fernando Torres ke Chelsea

Torres diboyong Chelsea dari rival sekota mereka yaitu Liverpool dengan mahar 50 juta Euro atau setara dengan Rp. 842 miliar di tahun 2011. Selama berseragam Liverpool, Torres mencatat 45 gol, termasuk gol kemenangan Liverpool di semifinal Liga Champions pada 2012. Namun sayang, Torres tidak pernah mencetak lebih dari delapan gol dalam satu musim Liga Inggris. Torres di Chelsea tak setajam waktu main untuk Liverpool.

Leonardo Bonucci ke AC Milan

Transfer Leonardo Bonucci dari Juventus ke AC Milan nampak begitu mengesankan pada 2017 lalu. Milan memboyong Bonucci dengan mahar 42 juta Euro. Namun, pengorbanan AC Milan tak sebanding dengan hasil kontribusi Bonucci yang gagal mengantarkan Milan ke posisi puncak klasemen. Hingga akhirnya, Bonucci memutuskan kembali ke Juventus setelah satu tahun berkarier di AC Milan.

 


(ADI)

Berita Terkait