Bojonegoro Geger! 2 Kuburan China Digali Pencuri, Cari Harta Karun?

Lokasi makam yang digali orang tak dikenal di Bojonegoro, Jawa Timur. (metrotv) Lokasi makam yang digali orang tak dikenal di Bojonegoro, Jawa Timur. (metrotv)

BOJONEGORO: Bojonegoro gempar! Dua kuburan China berumur puluhan tahun  dibongkar orang tak dikenal. Diduga, pelaku ingin mengambil harta karun atau barang-barang berharga dalam makam.

Dua buah kuburan atau makam warga keturunan Tionghoa yang diduga dicuri ini berlokasi di kompleks Makam China, Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur.

Menurut warga setempat, makam yang dibongkar ini sudah berusia lebih dari 50 tahun. Pada salah satu makam yang digali ini  terdapat tulisan pada pusara atas nama Tan Sam Liak, Go Giang Nio yang meninggal pada 8 Agustus 1969.

Sementara satu makam lainnya tidak diketahui pemiliknya karena di pusara tidak tertulis identitas.

BACA: 44 Waduk di Lamongan Mengering, Petani Gundah!

"Saya sempat lihat dua makam tersebut telah digali atau dibongar oleh orang, tapi saya tidak tahu siapa, "  ujar Rasmadi, salah satu petani yang memiliki sawah tak jauh dari lokasi makam.

Belum diketahui secara pasti motif penggalian makam tersebut.  Namun dugaan sementara, pelaku ingin mengambil harta karun atau barang-barang berharga yang ada didalam makam.


"Pelaku dan motif  penggalian atau pembongkaran makam kita belum tahu.  Namun kemungkinan pelaku ingin mengambil harta karun atau barang-barang berharga yang ada di dalam makam tersebut, " ujar Yaci, Kepala Desa.

Guna mengungkap motif daripada kejadian ini pihak desa akan menyerahkan ke petugas berwajib. Sementara petugas memasang garis polisi di area pemakaman untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

 


(TOM)

Berita Terkait