Indonesia Hajar Taiwan, Gol Evan Dimas Nostalgia Tahun 2013

Timnas Indonesia menang atas Taiwan dengan skor 2-1  di Play Off kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto / PSSI) Timnas Indonesia menang atas Taiwan dengan skor 2-1 di Play Off kualifikasi Piala Asia 2023 (Foto / PSSI)
JAKARTA : Timnas Indonesia menang tipis 2-1 Timnas Taiwan di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan ini menjadi modal menghadapi leg kedua 11 Oktober 2021 nanti. Laga berlangsung di Stadion Buriram, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021.

Gol kemenangan Indonesia dicetak Ramai Rumakiek dan Evan Dimas. Satu gol balasan Taiwan dicetak Heng Ping Shu di masa injury time. Taiwan mencoba untuk tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Emelio Estevez mendapat peluang saat laga berjalan 3 menit. Namun, tendangannya bisa ditepis kiper Indonesia, Muhammad Riyandi.

Meski begitu, Indonesia dapat menyerang balik. Timnas Indonesia mendapat peluang pada menit ke-16. Sayang, tendangan yang dilepas Asnawi Mangkualam masih belum menemui sasaran.

Pasukan Garuda akhirnya berhasil memimpin terlebih dahulu pada menit ke-20. Meski mendapat penjagaan yang ketat, Ramai Rumakiek dapat masuk ke kotak penalti dan melepas tendangan untuk mencetak gol. Setelah itu, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut terus memberikan tekanan.

Peluang untuk menggandakan keunggulan datang pada menit ke-33. Tetapi, tendangan Evan Dimas masih dapat diselamatkan oleh kiper Taiwan, Shin An Shih Memasuki lima menit terakhir babak pertama, Indonesia terus menyerang. Sayang, sejumlah peluang yang didapat belum bisa dimaksimalkan, dan keunggulan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga : Tak Adil, Persebaya Sentil Arema Soal Pemain Timnas

Memasuki babak kedua, Indonesia langsung menekan. Indonesia mendapat peluang di menit 47 lewat aksi Yudo. Namun tusukan tendangan Yudo masih diblok bek Taiwan.

Indonesia terus menyerang lini pertahanan Taiwan. Akhirnya gol kedua tercipta di menit 50. Gol diawali kombinasi Pratama Arhan dengan Yudo membongkar lini pertahanan Taiwan. Yudo yang masuk ke sisi kanan gawang Taiwan melepaskan umpan silang ke tengah yang diselesaikan dengan tembakan mendatar oleh Evan Dimas untuk mencetak gol. Gol ini mirip seperti yang dia cetak ke gawang Korsel tahun 2013.

Indonesia semakin percaya diri. Berawal dari serang balik di menit 54, Irfan Jaya memanfaatkan kesalahan bek Taiwan mengantisipasi bola untuk menusuk. Namun umpan silang Irfan Jaya belum bisa dikonversi menjadi gol oleh Yudo. Indonesia kembali mendapat peluang di menit 66.

Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan yang ke arah kotak penalti. Egy yang menerima bola berhasil di blok Shin Shin-an. Tak selang lama, Egy kembali mengancam lewat tembakan jarak jauh memanfaatkan bola liar hasil sepak pojok. Indonesia terus tak berhenti menyerang. Egy kembali mengancam di menit 71. Namun, tembakannya masih membentur tiang gawang.

Serangan Indonesia tak berhenti. Peluang kembali didapat menit 82 lewat tembakan keras Abimanyu. Sayang, tembakan Abimanyu berhasi ditepis Shin Shin-an. Asik menyerang, konsentrasi pertahanan Indonesia pun lengah. Berawal dari tendangan bebas, pemain Taiwan Heng Ping Hsu memanfaatkan jebakan offside Indonesia yang gagal untuk mencetak gol di menit 90+1. Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia tak berubah hingga akhir laga.

 


(ADI)

Berita Terkait