Tak Adil, Persebaya Sentil Arema Soal Pemain Timnas

Pelatih Persebaya, Aji Santoso (ft/persebaya) Pelatih Persebaya, Aji Santoso (ft/persebaya)

SURABAYA: Persebaya Surabaya berniat menahan pemainnya ke tim nasional (Timnas). Rencana ini muncul setelah melihat beberapa klub tidak memberangkatkan pemainnya ke Timnas, salah satunya Arema.

“Lagi kita pertimbangkan untuk menahan pemain ke timnas. Kemarin, ada beberapa klub yang lakukan begitu juga gak apa-apa. Kalau mereka bisa dan boleh, kenapa kita tidak?”ujarnya.

Aji Santoso merujuk pada apa yang dilakukan Johan Alfarizi.  Kapten Arema FC ini, tiba-tiba tidak berangkat bersama timnas ke Thailand.  Infonya karena flu. Ternyata, sang pemain bisa turun saat Arema bertanding melawan Persela.

“Kami meminta penundaan tidak bisa. Tapi di sisi lain, ada kejadian seperti itu. Bagaimana ini bisa dijelaskan?” protesnya.

Saat ini, ada empat pemain Persebaya yang bergabung di tim nasional. Yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho dan Ernando Ari Sutaryadi. Keempat pemain ini,  masuk dalam 29 pemain timnas yang dibawa pelatih Shin Tae-yong ke Thailand.  Di sana, Timnas akan menjalani  pertandingan play off Piala Asia melawan Taiwan pada 9 dan 11 Oktober.

Selepas itu, Timnas masih akan melanjutkan  pemusatan latihan di Tajikistan pada 13-31 Oktober. TC di negara pecahan Uni Sovyet ini, dilakukan untuk persiapan  pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23 tahun 2022 di Uzbekistan.  

Dua pemain sudah mendapat panggilan resmi, yakni Rachmat Irianto dan Ernando Ari Sutaryadi. Besar kemungkinan, Rizky Ridho juga akan dipanggil.

“Nanti kita minta balik dulu.  Kita juga membutuhkan tenaga mereka di kompetisi,”ujarnya.

BACA: Persebaya Minta Laga Lawan PSIS Ditunda

Aji menepis bisa langkah ini dibilang tidak nasionalis. Menurutnya,  langkah ini terpaksa dilakukan, setelah melihat  kejadian yang ada. Tak ada tindakan apapun dari PSSI maupun LIB. Pemain masih tetap bisa tampil di kompetisi.

“Kalau sama-sama seperti itu, kenapa kita tidak?”tanyanya.

Dipastikan Aji Santoso,  Persebaya akan tetap menahan para pemainnya ke timnas. Sampai PSSI dan LIB bisa memberikan aturan main yang jelas dan tegas. Termasuk memberi jalan keluar, bagaimana kepentingan klub juga terlindungi dengan adanya agenda timnas.

“Ini sebetulnya persoalan sederhana. Bagaimana ada sinkronisasi jadwal antara timnas dan kompetisi. Bukan seperti ini. Dua-duanya jalan. Klub yang dirugikan. Sudah begitu, ada perlakuan yang mencederai sportifitas,”tegasnya

 

 


(TOM)

Berita Terkait