Persebaya Minta Laga Lawan PSIS Ditunda

Pemain Persebaya Bruno Moreira dihadang saat melawan PS Sleman (ft/persebaya) Pemain Persebaya Bruno Moreira dihadang saat melawan PS Sleman (ft/persebaya)

SURABAYA: Persebaya resmi meminta laga melawan PSIS, 3 Oktober 2021 ditunda. Alasannya, Bajol Ijo mengalami krisis pemain akibat empat pemain dipanggil Timnas.  

“Kami sudah kirim surat resmi ke LIB. Agar ada penjadwalan ulang,” ujar Manajer Persebaya, Candra Wahyudi dalam keterangan pres yang diterima clicks.id, 30 September 2021.

Sesuai surat PSSI, empat pemain Persebaya yang dipanggil untuk kebutuhan Timnas di playoff Piala Asia 2023. Terakhir Rizky Ridho, ikut dibawa Timnas yang akan berlaga di Thailand  menghadapi Taiwan.

Sebelum Rizky Ridho, sudah ada tiga pemain yang dipanggil masuk skuad utama Timnas. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Rachmat Irianto (bek), dan Ricky Kambuaya (gelandang).

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan ia dihubungi oleh asisten pelatih timnas, Nova Arianto. Nova meminta Rizky Ridho izinkan bergabung Timnas.

BACA: Arema dan Persebaya Menang, Ini Klasemen Liga 1 Pekan Ke-5

“Pagi ini coach Nova (Timan) telepon saya, Rizky akhirnya dipanggil masuk Timnas untuk berangkat ke Thailand,” ujar Aji.

Aji mengaku dilema mendengar kabar itu. Di satu sisi ia senang karena pemainnya dipanggil Timnas. Namun di sisi lain, ia menghadapi krisis pemain.

“Tambahan pemain yang dipanggil ini posisinya bek. Berarti lini belakang sangat krisis. Kiper utama dan dua bek kita berangkat,” terangnya.

Saat ini Persebaya memang sedang menghadapi krisis pemain karena cedera. Kiper pertama Persebaya Satria Tama cedera panjang. Posisinya kemudian digantikan Ernando.

Nah, Ernando kini harus dipanggil timnas. Praktis pilihan pelatih hanya pada Andhika Ramadhani dan kiper baru David Aryanto.

Andhika merupakan pemain muda yang belum pernah tampil di laga resmi. Sementara David malah belum pernah turun, sekalipun dalam laga ujicoba.

Oleh karena itu, Aji berharap PT Liga Indonesia Baru (LIB) bijak menyikapi hal ini. Salah satu opsi yang sangat bisa diambil, lanjut Aji, adalah menunda laga terakhir Persebaya di Seri I yang berlangsung 3 Oktober 2021.

“Kenapa kami minta begitu karena Persebaya ini yang paling banyak pemainnya dipanggil timnas,” jelas Aji.

Persebaya berharap permohonan ini didengar dan dikabulkan LIB. Apalagi, sebelum ini, Direktur Utama LIB Akhmad Hadian Lukita  sempat menegaskan bahwa jadwal Kompetisi Liga 1 2021 dibuat fleksibel mengedepankan kepentingan tim nasional. 


(TOM)

Berita Terkait