Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan Jatuh pada 23 Maret

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis 23 Maret 2023. Keputusan itu diambil karena hilal atau bulan sabit pertama penanda masuknya Ramadan tidak terlihat pada Selasa 21 Maret 2023.

"Rabu 22 Maret 2023 akan menjadi hari terakhir Bulan Sya'ban," ungkap Mahkamah Agung Arab Saudi dalam sebuah pernyataan.

Selain Arab Saudi, sejumlah negara di Timur Tengah juga telah menetapkan awal Ramadhan tahun ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Qatar

Komite Pemantauan Hilal di Kementerian Waqaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan bahwa Rabu 22 Maret 2023 adalah hari terakhir Sya'ban dan Kamis 23 Maret 2023 akan menjadi hari pertama bulan Ramadan, menurut laporan Qatar News Agency.

2. Kuwait

Kuwait juga mengumumkan bahwa Kamis, 23 Maret 2023 akan menjadi hari pertama Ramadan 1444 H.

baca juga : Hoaks! Polisi Pastikan Wahyu Kenzo Berada di Tahanan

3. Bahrain

Komite Pemantau Hilal di Bahrain telah mengumumkan bahwa Kamis, 23 Maret, akan menjadi hari pertama bulan Ramadhan di negara tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Bahrain.

Dalam Kalender Islam, satu bulan biasanya terdiri atas 29 atau 30 hari. Di beberapa negara, penentuan awal dan akhir bulan bergantung pada penampakan bulan sabit (menggunakan metode rukyatul hilal). Itulah sebabnya Ramadhan tidak ditetapkan pada hari tertentu setiap tahun.

 


(ADI)

Berita Terkait