Gubernur Khofifah Bagikan Zakat Produktif untuk Bantu Warga Lepas dari Jerat Rentenir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membagikan zakat di Pasuruan (Foto / Humas) Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membagikan zakat di Pasuruan (Foto / Humas)

PASURUAN : Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membagikan zakat produktif kepada para pelaku usaha ultramikro di Pasuruan, Senin 17 April 2023. Zakat tersebut diberikan untuk membantu para pelaku usaha kecil lepas dari jerat rentenir. Zakat produktif ini dibagikan Khofifah di Masjid Agung Al Anwar, Kota Pasuruan. Khofifah didampingi Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim M Roziqi dan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Zakat produktif yang diserahkan berupa uang tunai sebesar Rp500.000 per orang. "Meski nilainya tidak besar, tapi untuk para pelaku usaha ultra mikro, itu sangat berarti. Tujuannya, agar para pelaku usaha ultra mikro terhindar dari jeratan utang ke rentenir," ujar Khofifah.

Sebab, kata dia, seringkali pelaku usaha ultramikro kesulitan mendapatkan akses permodalan secara konvensional, sehingga berutang kepada rentenir dengan bunga tinggi menjadi opsi agar tetap bisa berusaha. "Padahal dengan jeratan rentenir ibarat lingkaran setan yang merugikan pelaku usaha ultramikro," ujarnya.

Selain bantuan berupa uang tunai, ke 50 pelaku usaha ultra mikro tersebut juga mendapat paket sembako. Dengan bantuan tersebut diharapkan para pelaku usaha ultra mikro bisa mengembangkan usahanya dan bisa menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H dengan suka cita.

baca juga : 9.999 Warga Jatim Gelar Khotmil Quran Binnadhor untuk Anies Baswedan

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga menyantuni 500 anak yatim/piatu. Santunan yang diberikan berupa uang tunai dan paket tas sekolah. Terlihat wajah ceria mereka ketika menerima santunan langsung dari orang nomor 1 di Jatim tersebut.

"Terima kasih juga untuk Pemkot Pasuruan yang sudah menyediakan momentum kami untuk berbagi dengan anak-anak yatim/piatu dan pelaku usaha ultra mikro," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Jatim M Roziqi mengatakan bahwa ini merupakan Safari Ramadhan Gubernur Khofifah ke-12. Ada yang istimewa dalam kegiatan santunan anak yatim/piatu dan penyerahan zakat produktif kali ini. Sebab, bertepatan dengan malam ke 27 Ramadhan.

"Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah bahwa kalau ingin mendapat malam Lailatul Qodar carilah di malam ke-27 Ramadhan. Mudah-mudahan kebaikan yang kita lakukan hari ini bisa mendapat keberkahan Lailatul Qodar," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Saifullah Yusuf sempat mengajak Khofifah melihat-lihat suasana Alun-alun Pasuruan yang terletak tepat di depan Masjid Jami' Al Anwar. Selain itu, ia juga memamerkan mekanisme buka-tutup miniatur payung ala Madinah di halaman masjid tersebut.


(ADI)

Berita Terkait