Doa Akhir Ramadhan Sesuai Sunnah, Ini Fadilahnya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bulan Ramadhan hampir usai. Muslim dianjurkan memanjatkan doa akhir Ramadhan sesuai sunnah agar bisa kembali bertemu bulan suci dan dijadikan orang yang disayangi Allah. Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk surga dan amalan puasanya pasti diterima juga tak henti-hentinya berdoa di akhir Ramadhan.

Rasulullah SAW bahkan meningkatkan amal ibadah di 10 hari terakhir Ramadhan. Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Siti Aisyah radhiallahu anha. Dalam sebuah hadits diriwayatkan Siti Aisyah radhiallahu 'anha disebutkan bahwa Nabi SAW selalu beri'tikaf di 10 terakhir Bulan Ramadhan.

‘Aisyah ra bercerita bahwa: “Nabi saw (selalu) beri’tikaf di sepuluh terakhir bulan Ramadhan sampai Allah SWT mewafatkan beliau” (HR Bukhori & Muslim).

Berikut kumpulan doa akhir Ramadhan sesuai Sunnah, Arab, latin, Arti:

1. Doa Akhir Ramadhan

 ?????????? ??? ?????????? ????? ????????? ???? ?????????? ????????? ?????? ?????????? ?????? ?????? ??????????? ?? ??? ???????????? ???????????

Latin: Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman.

Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

2. Doa Mohon Ampunan

????????? ??????? ??????? ??????? ????????? ??????? ?????? ?»

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni  "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka memaaf, maka maafkanlah daku.”

3. Doa Mohon Ibadah Puasa Diterima

???????? ????????? ?????? ?????????? ??????????? ????????????? ????????????? ?????????????? ??????? ?????? ?????????? ??????????

Wahai Tuhan kami... terimalah puasa kami, shalat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui"

4. Doa Diselamatkan Api Neraka

????? ??? ????? ???? ?????? ????? ?? ?? ???? ??????? ?????????? ??????? ??????? ??????? ??????? ????????? ??????? ??????.

Latin: Allahumma Innaa nas aluka ridhooka wal jannah wa na'uudzubika min sakhatika wannaar, allahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annaa

Semoga Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita, menerima semua amalan kita di bulan ramadhan, semoga Allah menyelamatkan kita dari api neraka.

5. Doa agar Amalan Diterima

 ??????????? ???????????? ????? ????????? ????????? ????? ????????? ????????????? ?????? ????????????

Latin: Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Arti: “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

6. Doa Permohonan Keselamatan

?????????? ????? ??????? ???????? ???? ??????? ??????????????? ???? ?????????? ????????? ??? ????? ??? ??????? ??????? ??????? ?????? ????? ????????? ????? ???????

Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

7. Membaca syahadat tiga kali

???????? ???? ??? ?????? ?????? ?????

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.”

Baca juga : Wajib Tahu! Ini 3 Waktu Terkablunya Doa di Bulan Ramadan

8. Istighfar

 ???????????? ?????

Artinya, “Aku memohon ampunan Allah.”

Dibaca tiga kali

Mengencangkan Ibadah

Kepala Seksi Pengembangan Metode dan Materi Dakwah Dit. Penerangan Agama Islam, Subhan Nur, Lc, M.Ag mengatakan, semua hari di bulan Ramadan sangat istimewa dan semua muslim disarankan untuk melakukan ibadah dengan baik. Namun, 10 hari terakhir Ramadan sangat istimewa.

Ada banyak keutamaan di sepertiga bulan terakhir itu hingga Rasulullah pun mengencangkan ibadahnya. Setidaknya, kesungguhan Nabi SAW ini disebabkan beberapa faktor, antara lain:

1. Momen 10 hari terakhir merupakan penutup bulan Ramadan yang penuh berkah. Dan setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

2. 10 malam terakhir adalah malam-malam yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.

3. Kerinduan akan keindahan lailatul qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi beribadah sepanjang 1000 bulan.

4. Nabi SAW memberikan contoh kepada umatnya agar tidak terlena dalam kesibukan mempersiapkan kebutuhan hari raya sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

Kalimat “melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut” sebagai anjuran dan keteladanan Rasulullah SAW dalam memotivasi umatnya untuk menambah giat beribadah. Demikian pembahasan mengenai kumpulan doa akhir Ramadhan yang diajarkan Rasulullah SAW untuk diamalkan.

 


(ADI)

Berita Terkait