Wajib Tahu! Ini 3 Waktu Terkablunya Doa di Bulan Ramadan

Ilustrasi: Pixabay Ilustrasi: Pixabay

JAKARTA: Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keistimewaan dan kemuliaan. Salah satunya, yaitu pahala beribadah yang dilipatgandakan.

Selain ibadah, kesempatan waktu terkabulnya doa di bulan Ramadan juga semakin besar. Tentu hal ini menjadi momentum yang istimewa bagi umat Islam untuk memanjatkan doa di bulan ini.

Dirangkum dari Oase.id, berikut waktu utama terkabulnya doa di bulan Ramadan:

1. Waktu sahur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berkaitan dengan hadis tersebut, Ibnu Hajar juga menjelaskan dengan berkata, “Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari)

2. Saat berpuasa

Waktu yang kedua adalah saat berpuasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad)

Imam Nawawi rahimahullah berkata bahwa, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’)

3. Ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi)

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa, doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa. Hal ini dikarenakan orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.


(UWA)

Berita Terkait