10 Hewan dengan Durasi Umur Terlama di Bumi, Bahkan Berpotensi Hidup Selamanya

Hydra menjadi salah satu hewan di bumi yang berpotensi hidup selamanya (Foto / Istimewa) Hydra menjadi salah satu hewan di bumi yang berpotensi hidup selamanya (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Terdapat sejumlah hewan dengan durasi umur terlama di Bumi. Pada umumnya, hewan-hewan yang memiliki masa hidup yang lama didominasi oleh mamalia dan invertebrata yang habitatnya berada di perairan. Hewan-hewan ini dilengkapi dengan sifat-sifat yang memungkinkan mereka bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama, dan bahkan ada beberapa yang mampu menghentikan atau membalikkan proses penuaan.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi beberapa hewan dengan usia terpanjang di Bumi. Berikut ini adalah daftar 10 hewan dengan umur terpanjang di dunia, seperti yang dilaporkan oleh laman LiveScience. Berikut 10 hewan dengan durasi umur terlama di bumi :  

1. Hydra

Hydra adalah sekelompok hewan kecil tak bertulang belakang dengan tubuh lembut yang sedikit menyerupai ubur-ubur. Mereka memiliki kemampuan potensial untuk hidup selamanya. Mayoritas hydra terdiri dari sel induk yang terus-menerus meregenerasi diri melalui duplikasi atau kloning, sehingga mereka tidak mengalami penuaan seiring bertambahnya usia.

Kehidupan mereka berakhir secara alami akibat ancaman seperti pemangsa dan penyakit. Namun, tanpa ancaman eksternal tersebut, mereka dapat terus meregenerasi diri selamanya.

2. Ubur-ubur Turritopsis Dohrnii

Ubur-ubur Turritopsis dohrnii terkenal sebagai ubur-ubur abadi karena memiliki kemampuan untuk hidup selamanya. Mereka mengawali hidup mereka sebagai larva sebelum menetap di dasar laut dan mengalami transformasi menjadi polip. Polip ini selanjutnya menghasilkan medusa atau ubur-ubur yang dapat berenang dengan bebas.

Ubur-ubur ini, yang berasal dari Laut Mediterania, memiliki kemampuan membalik siklus hidup mereka beberapa kali, sehingga mungkin tidak akan pernah mati, seperti yang dikutip oleh Natural History Museum di London.

baca juga : 5 Kambing Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Pakistan

3. Spons Kaca

eskipun disebut spons kaca, ini sebenarnya adalah hewan. Spons kaca merupakan sebuah koloni hewan yang menyerupai karang dan memiliki kemampuan untuk bertahan hidup selama ribuan tahun. Mereka sering ditemukan di perairan dalam dan memiliki kerangka yang menyerupai kaca, sehingga mereka disebut sebagai spons kaca.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Chemical Geology pada tahun 2012, diperkirakan bahwa spons kaca dari spesies monorhaphis chuni memiliki umur sekitar 11.000 tahun.

4. Karang Hitam

Meskipun karang ini memiliki penampilan yang mirip dengan batuan dan tanaman bawah air yang berwarna-warni, sebenarnya mereka terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip. Polip ini terus mereproduksi diri dan menggantikan diri mereka sendiri dengan membuat salinan yang identik secara genetik, sehingga seiring berjalannya waktu, struktur kerangka luar karang menjadi semakin besar.

Karang hitam yang hidup di perairan dalam termasuk salah satu karang yang memiliki umur terpanjang. Diperkirakan bahwa karang hitam yang ditemukan di perairan Hawaii memiliki usia sekitar 4.265 tahun.

5. Cacing Tabung

Cacing tabung merupakan hewan tanpa tulang belakang yang hidup di perairan laut. Meskipun beberapa jenis cacing tabung hidup di sekitar lubang hidrotermal, spesies dengan usia terpanjang ditemukan di lingkungan yang lebih dingin dan stabil yang disebut rembesan dingin. Rembesan dingin adalah tempat di dasar laut di mana bahan kimia keluar melalui retakan atau celah.

baca juga : 5 Madu Termahal di Dunia, Nomor 1 Harganya Ratusan Juta Rupiah

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal The Science of Nature pada tahun 2017 menemukan bahwa escarpia laminata, sejenis cacing tabung yang hidup di rembesan dingin di Teluk Meksiko, memiliki potensi hidup hingga 200 tahun, dan beberapa individu bahkan bisa bertahan selama lebih dari 300 tahun.

6. Hiu Greenland

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) adalah spesies hiu yang hidup di perairan Samudra Arktik dan Atlantik Utara. Ukuran hiu ini bisa mencapai 7,3 meter. Makanan utama hiu Greenland adalah ikan dan mamalia laut seperti anjing laut, seperti yang dilaporkan oleh Observatorium Hiu St. Lawrence di Kanada.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 tentang jaringan mata hiu Greenland dan diterbitkan dalam jurnal Science, memperkirakan bahwa hiu ini memiliki usia minimal 272 tahun. Para peneliti memperkirakan bahwa hiu terbesar dalam penelitian tersebut memiliki usia sekitar 392 tahun, dan mereka juga mengungkapkan perkiraan bahwa hiu tersebut mungkin memiliki potensi untuk hidup hingga 512 tahun.

7. Kerang Mutiara Air Tawar

Kerang mutiara air tawar (Margaritifera margaritifera) adalah jenis kerang yang memfilter partikel makanan dari air. Kerang mutiara air tawar umumnya hidup di sungai dan tersebar di Eropa dan Amerika Utara. Kerang ini memiliki masa hidup yang panjang karena memiliki metabolisme yang rendah.

Meskipun demikian, populasi kerang mutiara air tawar terancam punah karena berbagai faktor yang berhubungan dengan aktivitas manusia, seperti kerusakan dan perubahan habitat sungai di mana mereka hidup.

8. Paus Bowhead

Hewan dengan durasi umur terlama adalah Paus Bowhead atau paus kepala busur. Hewan ini merupakan mamalia laut yang memiliki umur panjang. Meskipun masa hidup pastinya tidak diketahui, penemuan menunjukkan bahwa mereka dapat hidup lebih dari 200 tahun, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

baca juga : Bukan Cuma Anjing, Ternyata 3 Hewan Ini Juga Bisa Tularkan Rabies

Paus ini memiliki mutasi gen yang disebut ERCC1, yang berperan dalam perbaikan DNA. Keberadaan mutasi gen tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan potensi penyebab kematian bagi paus. Selain itu, gen lain yang disebut PCNA dapat memperlambat penuaan, seperti yang dilaporkan oleh Live Science.

9. Bulu Babi Merah

Bulu babi merah (Strongylocentrotus franciscanus) adalah invertebrata bulat yang dilapisi duri. Biasanya, mereka mendiami perairan dangkal di pantai Amerika Utara, dari California hingga Alaska, dan memakan berbagai jenis tanaman laut, seperti yang dilaporkan oleh Oregon State University. Sebelumnya, para peneliti menganggap bahwa bulu babi merah tumbuh dengan cepat dan memiliki masa hidup sekitar 10 tahun.

Namun, ketika ilmuwan mempelajari spesies ini dengan lebih rinci, mereka menemukan bahwa bulu babi merah tumbuh sangat lambat dan, di beberapa lokasi, dapat hidup selama berabad-abad jika terhindar dari pemangsa, penyakit, dan aktivitas nelayan.

Berdasarkan perkiraan, bulu babi merah yang ditemukan di Washington dan Alaska memiliki usia melebihi 100 tahun, sementara bulu babi merah dengan usia terpanjang yang ditemukan di British Columbia, Kanada, diperkirakan berusia sekitar 200 tahun. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam jurnal Fishery Bulletin.

baca juga : 5 Hewan Beracun yang Bermanfaat bagi Manusia

10. Kura-kura Raksasa Seychelles

Kura-kura terkenal karena umur panjang yang mereka miliki. Salah satu contoh adalah kura-kura raksasa Seychelles (Aldabrachelys gigantea hololissa) yang memiliki usia lebih dari 190 tahun, yang diberi nama Jonathan. Setelah dibawa ke pulau St. Helena di Samudra Atlantik Selatan oleh orang-orang dari Seychelles pada tahun 1882, Jonathan tinggal dan hidup di sana.

Tidak ada yang dapat memastikan usia Jonathan dengan pasti, namun gambar-gambar kura-kura tua yang diambil sekitar tahun 1882 dan 1886 menunjukkan bahwa pada akhir abad ke-19, hewan ini sudah berusia minimal 50 tahun. Pada 12 Januari 2022, Guinness World Records mengumumkan Jonathan sebagai kura-kura dengan usia terpanjang yang pernah tercatat. Untuk dapat bereproduksi secara berulang kali dan menghasilkan banyak telur, kura-kura raksasa membutuhkan masa hidup yang panjang karena telur-telur mereka sering menjadi mangsa bagi predator.

 


(ADI)