5 Kambing Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Pakistan

Kambing Kamori asal Pakistan ini menjadi salah satu kambing termahal di dunia (Foto / Istimewa) Kambing Kamori asal Pakistan ini menjadi salah satu kambing termahal di dunia (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Kambing menjadi salah satu yang paling banyak dijadikan hewan ternak. Hewan herbivora ini banyak dimanfaatkan dagi Harga kambing bervariasi tergantung pada kelangkaan, ukuran/bobot, sifat, dan keindahannya. Berikut lima kambing termahal di dunia, dikutip dari The Happy Chicken Coop:

1. Kambing Saanen

Kambing Saanen berasal dari Lembah Saane di Bern, Swiss. Ras ini ada pada akhir 1800-an dengan menggabungkan kambing lkal dengan varietas Aplhine dari Prancis. Ini menghasilkan kambing perah berbulu putih yang bisa cepat beradaptasi dengan berbagai iklmi dan medan. Saanen memiliki bobot rata-rata sekitar 64 kg. Bulunya biasanya pendek dan halus, dengan warna putih hingga putih krem.

Karena kemampuannya menghasilkan susu berkualitas tinggi untuk keju, yoghurt, dan produk susu lainnya, kambing Saanen disukai sebagai ras kambing perah. Kambing ini bisa menghasilkan 3 galon susu setiap hari, yang tinggi lemak dan protein. Dengan ukuran yang sedang, tulang kuat, dan energi yang tinggi menempatkan kambing ini di atas ras lainnya dalam produksi susu. Namun daging kambing Saanen tidak selezat jenis lainnya.

Harga : 750-1.500 dolar AS atau Rp11,3 juta-Rp22,6 juta
Berat : Kambing betina dewasa 60 kg, kambing jantan dewasa 70 kg
Dimanfaatkan : Susunya
Sifat : Jinak
Asal : Swiss

2. Kambing Kiko

Kambing Kiko dikembangkan oleh suku Maori di Selandia Baru. Kambing besar ini juga tangguh, aktif, ramah, mudah dilatih, dan menyenangkan. Kambing ini biasanya menghasilkan keturunan dengan corak warna yang lebih gelap, seperti kambing Kiko hitam.

Kambing jenis ini juga tahan penyakit dan memiliki lebih sedikit masalah penyakit kuku. Kiko mahal karena pengujian serta registrasi DNA untuk setiap kambing memerlukan banyak biaya dan tenaga.

Harga : 800-2.000 dolar AS atau Rp12 juta-Rp30,1 juta
Berat : Kambing betina dewasa 45-83 kg, kambing jantan dewasa 90-114 kg
Dimanfaatkan : Dagingnya
Sifat : Aktif dan ramah
Asal : Selandia Baru.

baca juga : 5 Madu Termahal di Dunia, Nomor 1 Harganya Ratusan Juta Rupiah

3. Kambing Boer

Kambing Boer merupakan kambing pemakan semua jenis rumput. Kambing jenis ini adalah makhluk yang manis dan penyayang. Kambing Boer memiliki struktur tubuh yang kompak, besar, dan bulu putih yang khas dengan kepala berwarna coklat dan telinga agak panjang.

Kambing ini bisa menghasilkan susu, namun mereka dikembangiakan untuk konsumsi daging karena tumbuh dengan cepat dan memiliki tubuh gemuk. Boer merupakan kambing pedaging yang sangat populer.

Harga : 800-2.100 dolar AS atau Rp12 juta-Rp31,6 juta
Bobot : Kambing betina dewasa 90-100 kg, kambing jantan dewasa 110-135 kg
Dimanfaatkan: Dagingnya
Sifat: Ramah dan suka berteman
Asal: Afrika Selatan

4. Kambing Hijazi

Kambing Hijazi selain ada di Arab Saudi juga ada di Pakistan. Kambing ini biasanya berbulu hitam dengan bulu panjang dan menyerupai keturunan kambing di Pegunungan Suriah, namun ukurannya lebih kecil. Kambing Hijazi memiliki kepala kecil, wajah bulat, leher pajang, serta telinga panjang yang bisa mencapai hingga 70 cm dan lebar 25 cm.

Kambing ini memiliki panjang rata-rata 1,5 meter, dengan leher berkontur indah hingga panjang setengah meter. Adapun kambing ini dimanfaatkan sebagai kambing perah, dengan rata-rata produksi susu per hari lebih dari 1,5 kg.

Harga : 700-3.000 dolar AS atau Rp10,5 juta-Rp45,12 juta
Bobot : Kambing betina dewasa 25-35 kg, kambing jantan dewasa 35-45 kg
Dimanfaatkan : Daging dan susunya
Sifat : Ramah
Asal : Arab Saudi.

baca juga : 10 Minuman Teraneh di Dunia, Campur Jari Kaki Manusia hingga Air Mata Tuna

5. Kambing Kamori

Kamori adalah jenis kambing termahal yang berasal dari Provinsi Sindh di Pakistan. Kambing perah berukuran besar ini mahal karena warna dan struktur tubuhnya yang unik. Kamori memiliki telinga panjang dan unik sejak lahir. Kambing ini biasanya berwarna coklat tua dengan bintik-bintik atau bercak kecil berwarna hitam.

Kamori juga memiliki leher sangat panjang, tubuh kuat, dan hidung sedikit menonjol. Kamori adalah salah satu kambing terbesar di dunia, dengan beberapa pejantan bisa memiliki berat lebih dari 100 kg. Kambing ini juga memiliki tanduk yang panjang, berornamen, dan bengkok.

Harga : 700-3.100 dolar AS atau Rp10,5 juta-Rp46,6 juta
Bobot : Kambing betina dewasa 50 kilogram (kg), sedangkan kambing jantan dewasa 60 kg
Dimanfaatkan : Susu dan dagingnya
Sifat : Tenang dan jinak
Asal : Pakistan

 


(ADI)