Nataru, BI Siapkan Rp1,8 Triliun untuk Wilayah Tapal Kuda

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JEMBER : Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jember, Jawa Timur, menyiapkan Rp 1,8 triliun uang kartal untuk libur natal dan tahun baru (nataru). Hingga 23 Desember 2021, jumlah penarikan yang kartal dari BI Jember oleh perbankan mencapai Rp1,6 triliun. Pimpinan BI Jember, Hestu Wibowo menyiapkan Rp1,8 triliun untuk kebutuhan nataru. 

“Dibandingkan 2020, kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal mengalami penurunan sebesar Rp797 miliar atau lebih rendah 38,5 persen. Hal ini diperkirakan karena masyarakat semakin sedikit menggunakan uang kartal dalam transaksi sehari-hari selama masa pandemi covid-19,” kata Hestu.

Hestu memperkirakan peningkatan uang kartal yang ditarik perbankan dari BI (outflow) akan terus terjadi. “Tapi masyarakat tak perlu khawatir, karena BI Jember akan memenuhi kebutuhan uang kartal dalam nominal yang cukup, jenis pecahan sesuai kebutuhan, tepat waktu, dan layak edar,” katanya.

Baca Juga : 12.641 Napi Terima Remisi Natal, 79 Langsung Bebas

Selain menyiapkan uang kartal, BI Jember menyiapkan infrastruktur sistem pembayaran nontunai agar kegiatan transaksi nontunai berjalan lancar. Selain berkoordinasi dengan BI Jawa Timur dan perbankan, BI Jember juga mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai melalui sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia


(ADI)

Berita Terkait