8 Kabel Jaringan PLN Dicuri, Listrik di Sampang Padam

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SAMPANG : Manajer PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan, Feri Asmoro, mengatakan jaringan listrik di Pulau Madura, khususnya di Sampang sering padam selama ini akibat pencurian kabel. PLN mencatat ada delapan titik kabel jenis NYY di Sampang yang raib digondol maling.

"Di Sampang Ini saja telah terjadi delapan lokasi kabel yang hilang, diduga ada orang yang sengaja mengambilnya," kata Feri, Sabtu 27 Mei 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dugaan pencurian kabel diketahui pada Kamis 25 Mei 2023. Menurut Feri, mengungkap pencurian kabel listrik di Kabupaten Sampang terjadi di Unit Layanan Pelanggan (UPL) Ketapang dan Sampang.

baca juga : Whisnu Sakti Buana Meninggal Dunia, PDIP Jatim : Sosok Kader Terbaik

Adapun lokasinya yakni dua Trafo di Desa Deleman, Kecamatan Kedungdung; masing-masing satu trafo di Desa Sawah Tengah dan Desa Pandiyangan, Kecamatan Robatal; satu trafo di Anggersek; satu trfo di Jalan Raya Karongan; dan dua Tarfo di Kecamatan Ketapang.

"Jenis kabel yang dicuri oleh maling yang tidak bertanggung jawab ini berupa kabel NYY 1x150 mm2, yang berada di trafo," katanya.

Lebih lanjut, Feri mengatakan pencurian tersebut tidak hanya berdampak terhadap pemadaman listrik. Akan tetapi juga dapat menyebabkan bahaya kelistrikan untuk masyarakat di sekitar trafo. Pihaknya berharap masyarakat untuk saling menjaga dan selalu berkoordinasi dengan PLN serta pihak berwajib jika menemukan kegiatan yang mencurigakan di sekitar jaringan PLN.

 


(ADI)

Berita Terkait