Tak Hanya Segar Buat Berbuka, Ini Manfaat Es Setup Nanas Selasih

Es setup nanas kelasih/ist Es setup nanas kelasih/ist

CLICKS.ID: Berbuka puasa memang enak jika kita minum es buah. Jika bosan dengan es buah yang itu-itu saja, bisa mencoba es buah yang satu ini. Ya, es setup nanas dengan selasih.

Nanas sendiri salah satu buah tropis yang kaya akan antioksidan. Nanas memiliki beragam kandungan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, mangan, thiamin, magnesium, serat, sukrosa, dan natrium.

Nanas yang masuk ke dalam ordo Farinosae mengandung banyak nutrisi lain, yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C, kolin, zinc, selenium, dan bromelain. Mengonsumsi nanas segar yang telah matang dan dikupas untuk mendapatkan manfaatnya.

BACA: Sambal Gami Kurma, Sajian Unik Berbuka Puasa

Sedangkan selasih merupakan sumber makanan yang kaya serat. Sebagian besar serat di dalam biji selasih adalah serat larut, termasuk pektin.

Khasiat biji selasih adalah mencukupi kebutuhan serat harian. Sebab, di dalam 1 sdm biji selasih mengandung 7 gram serat yang bisa mencukupi 25 persen dari rekomendasi harian.

Membuat es nanas kelasih juga tak sulit,  hanya sekitar 25 menit saja. Berikut  resep minuman es setup nanas selasih dari Endeus TV:
 
Bahan es setup selasih:

400 ml air
2 buah (600 gr) daging nanas madu ukuran sedang, potong dadu 1,5 cm
200 gr gula pasir
3 cm kayu manis
½ sdt garam
1 sdt biji selasih, rendam air hangat hingga mekar
2 buah irisan jeruk nipis

Pelengkap:

Es batu secukupnya

Cara membuat es setup selasih:

1. Dalam panci, rebus air, gula pasir, kayu manis, dan garam hingga mendidih

2. Tambahkan nanas, masak dengan api sedang hingga aroma meresap (15 menit). Angkat, pindahkan ke dalam mangkuk, biarkan hingga dingin

3. Masukkan biji selasih dan irisan jeruk nipis, aduk rata. Sajikan bersama pelengkap

Tips: Sebelum diolah, rendam nanas dalam air garam selama 10 menit untuk menghilangkan sensasi gatal ketika dikonsumsi.


(TOM)

Berita Terkait