Sambal Gami Kurma, Sajian Unik Berbuka Puasa

Yeny, penikmat sambal gami kurma/metrotv Yeny, penikmat sambal gami kurma/metrotv

BLITAR: Berbagai inspirasi menu berbuka puasa terus dihadirkan. Di Kota Blitar, sebuah rumah makan menyediakan menu unik Sambal Gami Kurma. Rasa pedas dan manis buah kurma menjadi santapan nikmat saat berbuka puasa.

Proses pembuatan sambal gami kurma yang dimasak langsung di atas cobek tanah liat di atas kompormenjadi sensasi tersendiri. Selain kurma, makanan yang didominasi bahan seperti udang, cumi dan ayam menjadi menu andalan  di Cafe Friend Reborn, di Jalan Brantas, Kota Blitar, Jawa Timur.

Pemilik Cafe, Supriadi  menjelaskan, cara membuatnya cukup mudah.  Siapkan cabai rawit dan cabai keriting bersama terasi yag sudah dihaluskan. Lalu, letakkan cobek tanah liat di atas kompor.

BACA: Mantab! di Warung Ini Terdapat 105 Jenis Mie Instan yang Bisa Dinikmati

"Nyalakan dengan api kecil, tuaagkan minyak goreng kemudian masukkan sambal dan udang. Aduk perlahan sampai mendidih,  matikan kompor, tunggu sebentar lalu angkat cobek siap disajikan, " ujarnya.

Soal harga, menu ini juga sangat ramah di kantong. Sambal gumi kurma dibanderol hanya berkisar belasan ribu hingga puluhan puluh ribu rupiah setiap porsi, tergantung isi menunya.

"Paduan rasa pedas sambal gami dengan buah kurma, membuat sambal ini rasanya beda. Cocok buat buka puasa, maupuan makan malam, " ujar Yeny, penikmat sambal gami kurma.

 


(TOM)

Berita Terkait