5 Cara Memilih Ikan Segar untuk Dipanggang saat Malam Tahun Baru

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Momen pergantian tahun baru identik dengan menyantap kuliner lezat. Biasanya, masyarakat merayakan dengan menyantap hidangan sate, daging, ikan, hingga jagung bakar. Terutama, tradisi memanggang ikan sudah menjadi kegiatan turun temurun.

Jika dalam Perayaan Tahun Baru 2022 ini Anda memilih berkumpul bersama keluarga dan teman sambil membakar ikan. Anda harus memastikan, jangan sampai salah membeli ikan. Pilih ikan terbaik yang masih segar.

Lantas, bagaimana tips memilih ikan terbaik dan masih segar untuk dibakar saat malam Tahun Baru? Berikut ulasannya

1. Periksa Mata Ikan

Sebelum membeli ikan, ada baiknya periksa pada bagian mata. Mata ikan harus sejernih kristal, padat, basah, dan mengkilap, tanpa ada fitur yang cekung. Jika mata ikan tersebut sesuai kategori, maka layak dikonsumsi. Ikan yang buruk biasanya memiliki mata kering, keruh, dan menyusut. Ini menandakan ikan tersebut tidak segar.

2. Periksa Sirip

Sirip ekor dan sirip punggung ikan harus terlihat sehat, basah, dan utuh. Seekor ikan yang telah salah penanganan akan memiliki sirip sobek atau kasar. Sirip ikan yang lebih tua akan kering dan rapuh. Itu dikarenakan terlalu lama di penjaringan.

Baca Juga : Sambut Malam Pergantian Tahun Baru, Google Pasang Doodle Khusus

3. Sentuh Dagingnya

Jika penjual ikan mengizinkannya, coba sentuh bagian tubuh ikan. Ini untuk memastikan ikan dalam keadaan segar. Ikan segar, seharusnya terasa dingin, basah, dan licin, tetapi tidak lengket.

Ketika ditekan, akan kembali ke bentuk aslinya, seperti menekan tubuh Anda sendiri. Jika tidak kembali, itu pertanda daging ikan telah melunak dan tidak lagi layak untuk dibeli.

4. Periksa Insang

Periksa warna insang. Ikan segar akan memiliki warna merah cerah. Semakin cerah warnanya, semakin segar ikan. Insang juga harus terlihat bersih dan dingin, tidak berlendir. Insang berwarna coklat gelap menunjukkan adanya mioglobin yang teroksidasi menjadi metmyoglobin. Insang berlendir dan lengket pertanda ikan tersebut tidak segar.

 


(ADI)

Berita Terkait