Waduh, 4 Benda Sejarah Zaman Hayam Wuruk di Magetan Digondol Maling

Lokasi pencuruian benda bersejarah di Magetan (Foto / Metro TV) Lokasi pencuruian benda bersejarah di Magetan (Foto / Metro TV)

MAGETAN : Sebanyak 4 benda sejarah zaman Hayam Wuruk di Magetan dicuri. Empat situs kuno itu di antaranya, benda purbakala lingga, Arca Resi Agatsa, patung Nandini dan serat potongan dari Ioni. Benda-benda tersebut selama ini berada di lokasi punden Desa Sukowidi, Kecamatan Nguntoronadi, Magetan.

Hilangnya benda sejarah ini menggerkan warga setempat. Menurut sejarah, empat benda purbakala ini merupakan peninggalan situs sejarah semasa zaman Majapahit, saat dipimpin Raja Hayam Wuruk pada tahun 132 Saka atau sekitar pada tahun 1380 masehi. Benda itu bernilai sejarah tinggi untuk itu ditetapkan sebagai benda cagar budaya.

Perangkat desa setempat, Darmadi mengatakan pencurian bendapurbakala ini diduga dilakukan saat malam hari. Pelaku diduga lebih dari satu orang lantaran batu tersebut cukup berat. Saat ini pihaknya sudah melapor ke pihak berwajib dan dinas terkait untuk menindak lanjuti pencurian itu.

baca juga : Tenggak Arak Campur Racun Tikus di Balongpanggang Gresik, Pelajar SMA Mojokerto Kejang

"Benda ini peninggalan, cukup berharga bagi kami khususnya. Sebab setiap tahun digunakan untuk kegiatan bersih desa," katanya.

Sementara, itu pegiat sejarah Muhamad Setiyono mengatakan hilangnya benda purbakala bersejarah ini sangat disayangkan karena merupakan bukti peradaban hindu kuno, semasa kerajaan Majapahit yang dipimpin raja Hayam Wuruk.

"Pada saat itu lokasi ini digunakan untuk tempat peribadahan hindu kuno oleh para raja-raja dan pengikutnya," terangnya.


(ADI)

Berita Terkait