Mencoba Bisnis di Usia Mahasiswa, Ini 5 Rekomendasinya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Menjalani bisnis online untuk mahasiswa kini semakin terbuka, seiring dengan kemajuan teknologi digital. Pasalnya, bisnis online bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, tanpa mengganggu jadwal kuliah. Menjadi mahasiswa dengan jadwal belajar yang tidak sepadat ketika menjadi pelajar SMP atau SMA, memberi peluang yang besar untuk menekuni bisnis online.

Selain untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif, bisnis online juga dapat memberikan penghasilan tambahan bagi mahasiswa, bahkan dapat digunakan untuk membayar biaya kuliah. Berikut lima rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa yang cocok bagi mahasiswa:

1. Bisnis Online Jastip

Cara melakukan bisnis online jasa titipan atau jastip mudah dilakukan dengan memanfaatkan jejaring media sosial. Mahasiswa dapat menawarkan jastip untuk membeli barang tertentu yang sedang didiskon di outlet atau pusat perbelanjaan, atau membuka order jastip saat bepergian ke luar kota atau luar negeri.

Tentunya mahasiswa harus menentukan barang yang sesuai budget, atau dapat meminta setoran awal dari pengguna jastip, agar tidak membebani keuangan. Barang yang dapat ditawarkan untuk jastip saat liburan ke luar kota atau luar negeri sebaiknya dipilih yang tidak membebani biaya bagasi, ataupun dibebani bea masuk.

Baca Juga : WFO versus WFH: Mana yang Lebih Untung?

2. Menjadi Penerjemah

Bagi mahasiswa yang menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Anda bisa menawarkan bisnis online sebagai penerjemah. Dengan media online yang menghubungkan banyak orang di berbagai negara, Anda dapat menawarkan jasa menjadi penerjemah untuk perusahaan asing, atau menjadi penerjemah untuk tayangan film, drama, dan konser dari luar negeri.

3. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Menjadi reseller atau dropshipper bisa menjadi usaha sampingan mahasiswa di sela-sela kesibukan kuliah. Apalagi ada banyak e-commerce yang menawarkan peluang untuk reseller dan dropshipper. Caranya pun mudah. Jika ada seorang yang ingin membeli baju di toko online namun karena tidak memiliki akses untuk melakukannya, maka Anda bisa menjadi perantaranya, baik sebagai reseller atau dropshipper.

Salah satu cara mudah untuk menjadi reseller adalah dengan bergabung di Evermos.com, komunitas reseller Indonesia. Evermos.com adalah platform untuk menjual produk-produk Muslim Indonesia yang pangsa pasarnya sangat besar di Indonesia.

4. Jasa Menyusun Skripsi

Jika Anda adalah mahasiswa yang memiliki kepintaran atau kemampuan di atas rata-rata dan telah melalui proses menyusun skripsi, tak ada salahnya menawarkan jasa menyusun skripsi via online kepada mahasiswa lainnya. Tentunya jasa menyusun skripsi harus sesuai dengan latar belakang jurusan Anda di perguruan tinggi, dan berdasarkan pengalaman yang telah Anda lalui saat menyusun skripsi untuk syarat meraih gelar S1.

Jasa yang Anda berikan dapat berupa konsultasi atau berbagi tips untuk menyusun skripsi yang dapat diterima atau disetujui oleh dosen pembimbing maupun dosen penguji.

5. Manajemen Media Sosial

Anda gemar mengotak-atik tampilan media sosial dengan apik, atau sering membuat konten yang menarik? Keahlian ini dapat membuat Anda cocok menekuni bisnis online manajemen media sosial. Anda dapat menawarkan jasa sebagai pengelola media sosial dari klien, seperti pengusaha UMKM yang ingin memasarkan produknya di media sosial, atau membangun personal branding bagi tokoh tertentu.

Jasa manajemen media sosial kini sedang diminati dan peluangnya sangat besar untuk lapangan kerja, bahkan bukan hanya sekadar menjadi penghasilan tambahan.


(ADI)

Berita Terkait