WFO versus WFH: Mana yang Lebih Untung?

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Clicks: Dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19 dengan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pemerintah mengimbau sejumlah perusahaan yang tadinya bekerja di kantor atau work from office (WFO) untuk menerapkan sistem work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Mungkin, beberapa di antara kamu sudah merasa nyaman kerja dari rumah dan berdamai dengan keadaan. Kamu juga patut bersyukur karena keadaan saat ini sudah membaik, level PPKM sudah menurun. Itu artinya, tidak lama lagi kamu bakal kembali ngantor.

Baik WFO atau WFH tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi, manakah yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya.

Kelebihan WFH

1. Efisien

Work from home membuat banyak orang lebih bisa mengefisiensikan waktu. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu di perjalanan ketika berangkat kerja. Waktunya tidak akan habis untuk berjalan ke stasiun atau halte bus.

Di rumah, mungkin kita hanya turun dari tempat tidur, berjalan menuju meja makan, lalu pergi ke ruang kerja. Bahkan tidak mandi bukan masalah, asal tidak ada meeting. Tentu saja kamu akan lebih produktif dengan waktu yang panjang tersebut, mood terjaga, sehingga efektivitas kerja meningkat.

2. Hemat

Kamu lebih bisa me-manage uang untuk ditabung. Ongkos yang biasa dipakai untuk beli tiket kereta atau ojek online bisa digunakan untuk keperluan lain.

Bandingkan, ketika di kantor uang akan terkuras untuk membeli makanan di kantin. Belum lagi godaan dari teman kerja yang mengajak hangout setelah pulang, sebagian orang tidak akan sadar berapa uang yang telah dikeluarkan.

3. Fleksibel

Fleksibel dalam bekerja membuat banyak orang menyukai pekerjaannya. Mengapa demikian? Karena kamu bebas menentukan jam kerja. Pekerjaan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, asal tepat waktu.

4. Waktu luang untuk pengembangan skill

Kamu bisa melakukan hobi ataupun kegiatan yang sudah lama ditinggalkan. Jika kegiatan tersebut banyak tertunda ketika kegiatan kantor masih berjalan, kamu bebas menentukan waktu melakukannya saat WFH. 

Kekurangan WFH

1. Komunikasi

Work from home membuat cara komunikasi pun berubah, sebelumnya kita melakukan meeting secara langsung. Kini terganti dengan Zoom atau konferensi video. 

Hal ini rentan terjadi miskomunikasi, atau poin-poin yang tidak tersampaikan dengan benar. Sehingga banyak hasil pekerjaan yang tidak terselesaikan secara maksimal.

2. Boros biaya internet dan listrik

Biaya internet akan terkuras banyak, karena video konferensi yang berlangsung beberapa jam tiap harinya. Belum lagi, mencari referensi dari video atau catatan untuk pekerjaan.

Selain itu, demi merasa nyaman di ruang kerja kamu harus menyalakan AC atau kipas angin, serta penerangan yang cukup setiap bekerja.

3. Distraksi

Kamu mudah terdistraksi ketika bekerja di rumah. Karena yang terlihat di rumah hanya kamar tidur, kulkas, dan televisi yang mudah membuat kamu teralihkan untuk rebahan sebentar. 

Nah, itu beberapa poin dari keuntungan dan kekurangan work from home yang bisa didapat. Sekarang kita beralih ke work from office. Beberapa orang justru lebih memilih metode WFO untuk bekerja. Kira-kira apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan WFO

1. Efektivitas

Seperti yang dipaparkan dalam kerugian WFH, bekerja di rumah membuat kita mudah terdistraksi dengan banyak hal. Pekerjaan yang bebas dilakukan kapan saja pun terkadang tidak efektif hasilnya. 

Sedangkan di kantor, kamu didorong untuk bekerja cepat. Kamu tidak akan terganggu karena kamu fokus terhadap pekerjaan.

2. Bisa melihat pekerjaan secara langsung

Miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam bekerja bisa diminimalkan. Poin-poin penting dalam instruksi pekerjaan bisa ditangkap dengan jelas, sehingga berpengaruh pada hasil kerja yang maksimal. 

Bagi mereka yang punya pekerjaan fisik, justru lebih mudah saat WFO karena fasilitas yang lengkap di kantor.

3. Kebiasaan baik yang terjaga

Kebiasaan baik seperti bangun pagi-pagi, sarapan, berjalan tiap pagi akan membuat kamu tetap sehat. Kamu juga terbiasa me-manage waktu untuk bekerja dan untuk pribadi. 

Tidak ada waktu berlebih untuk bekerja, bersantai, atau tidur. Semua waktu terbagi dengan baik, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan sendiri.

Kekurangan WFO

1. Biaya

Berkebalikan dengan keuntungan WFH, biaya hidup dan transportasi akan lebih besar. Biaya bensin per bulan bisa mencapai satu juta lebih. Atau kamu perlu melakukan top up untuk naik bus maupun kereta. 

Pengeluaran untuk uang makan juga relatif lebih besar. Kamu harus pintar me-manage uang serta memperhatikan pengeluaran yang harus lebih kecil daripada penghasilan.

2. Bekerja di bawah tekanan

Di kantor akan ada atasan atau pimpinan yang memperhatikan langsung pekerjaan kamu, sehingga terkadang kamu malah tertekan dan tidak bisa fokus. Hasil kerja dituntut untuk tepat waktu, tidak ada selingan waktu untuk kamu rehat sejenak kecuali hanya pada jam istirahat.

Jadi, metode WFH atau WFO memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimanapun sistem kerjanya, pekerja seharusnya mencerminkan sikap karyawan yang baik dengan menerapkan kebiasaan baik di berbagai kondisi pekerjaannya. 

Dengan begitu, WFH atau WFO tidak akan terasa kerugiannya. Terlepas mana yang lebih menguntungkan di antara keduanya, kembali lagi pada masing-masing pribadi. Karena menentukan nyamannya sebuah sistem kerja adalah diri sendiri.


(RAI)

Berita Terkait