Mengenal Sosok Sulianti Suroso, Tokoh Perempuan yang Dijadikan Google Doodle Hari Ini

 Google Doodle memajang sosok dokter perempuan Indonesia, Julie Sulianti Saroso. (Foto / Google) Google Doodle memajang sosok dokter perempuan Indonesia, Julie Sulianti Saroso. (Foto / Google)

SURABAYA : Google Doodle memajang sosok dokter perempuan Indonesia, Julie Sulianti Saroso. Itu untuk merayakan ulang tahun Prof. Dr. Julie Sulianti Saroso yang merupakan salah satu dokter perempuan pertama di Indonesia. Sosok dokter tersebut diilustrasikan oleh artis tamu Lenny.

Prof. Dr. Saroso mendedikasikan hidupnya demi membantu masyarakat rentan mengakses layanan kesehatan yang berkualitas. Dia lahir pada hari ini pada 1917 di Karangasem, Bali. Ayahnya adalah seorang dokter dan menginspirasi minatnya pada kedokteran di usia muda.

Sulianti Saroso lulus dengan gelar kedokteran dari Sekolah Geneeskundige Hoge pada 1942 dan melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat, di mana dia memperoleh beberapa gelar lanjutan dalam kesehatan masyarakat. Dia juga menerima beasiswa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa.

baca juga : Mengenal Sosok Raja Ali Haji, Serawan hingga Dijadikan Doodle oleh Google

Saat kembali ke Indonesia pada 1952, dia membantu membawa pendidikan KB dan keluarga berencana ke Tanah Air. Tak lama setelah kembali, dia bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program yang meningkatkan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa. Setelah karier yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, Saroso mulai mengajar di Universitas Airlangga pada 1969 dan membantu melatih generasi dokter dan petugas kesehatan berikutnya.

Dia kemudian menjadi Presiden perempuan kedua World Health Assemblydan bertugas di beberapa organisasi terkemuka, World Health Organization’s Expert Committee on Maternal and Child Health, UN Commission di Community Development Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

 


(ADI)

Berita Terkait