Asal Muasal Boba Ternyata Hasil Uji Coba Hingga Digandrungi Remaja

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Masyarakat Indonesia, khususnya remaja tentu tak asing dengan minuman boba. Minuman kekinian ini banyak digemari dan tersaji dari mulai pedagang kaki lima hingga disajikan berbagai resto. Rasayanya yang manis, creamy dan kenyal di mulut memberikan rasa berbeda. Namun, tahukah Anda dari mana asalnya boba?

Dirangkum dari berbagai sumber, boba ternyata bukan jenis minuman baru. Boba berasal dari Taiwan, tepatnya di gerai The Chun Shui Tang, Taichung pada 1980-an. Pendiri gerai tersebut adalah Liu Han Chieh. Awalnya, dia menjual teh oolong bercita rasa terbaik. Suatu hari Liu Han Chieh ingin mengubah cara menikmati sajian teh ini.

Dia bereksperimen pada produk milk tea tradisionalnya dengan memasukkan ke dalam gelas cocktail shaker beserta es di dalamnya. Namun, belum terdapat Boba. Liu Han Chieh kemudian menggelar kompetisi dengan para stafnya berinovasi menemukan hal kreatif. Suatu waktu, manajer tokonya Lin Hsiu-Hui, sangat suka fen yuan atau bola tapioka. Kemudian Lin menambahkannya sebagai topping pada milk tea.

BACA JUGA : 5 Pesawat Tempur TNI AU F-16 Berhasil di Upgrade

Di Taiwan boba dikenal dengan nama zenzhu naicha atau susu teh dengan bola tapioka. Boba sering menjadi isian dari minuman bubble tea. Boba berbahan dasar tepung tapioka yaitu tepung dari singkong. Tapioka tidak memiliki banyak rasa, sehingga rasa manis dari boba sebagian besar berasal dari gula atau madu yang direndam sebelum disajikan.

Kemudian Lin Hsiu-Hui mencoba menjual produk milk tea beserta topping boba. Ternyata disukai. Pada 1987, munculah boba sebagai topping milk tea-nya akhirnya populer sampai saat ini. Di Indonesia minuman boba menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir. Demam boba terlihat dari banyaknya gerai-gerai kekinian pearl milk tea, antara lain Chatime, Come Buy, Calais, MyCha, Boba Time dan gerai Kopi Kenangan ikut mengembangkannya. Mereka bahkan membuat banyak varian boba.

Di Hari Mantan Nasional (Harmanas) keempat mereka membuat inovasi Sultan Boba, yaitu boba berwarna emas. Diberi nama Sultan Boba karena tekstur boba emas yang lebih chewy serta memiliki penampilan kuning keemasan menarik. Ada empat varian yang disajikan, yaitu Susu Sultan Boba Gula Aren, Kenangan Milk Tea with Sultan Boba, Milk Tea Shades of Earl Grey with Sultan Boba serta Hazelnut Choco Milk Tea with Sultan Boba.

Menariknya, Kopi Kenangan menggandeng pengacara Hotman Paris sebagai brand ambassador Sultan Boba. Ini karena Hotman identik dengan gaya hidup glamor ala Sultan. Minuman boba yang hits juga digaungkan gerai Boba Time. Lewat akun Instagramnya, mereka memberikan hadiah untuk peraih medali emas Olimoiade Tokyo, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, gratis minum boba seumur hidup. Semakin banyaknya gerai minuman boba di Indonesia, membuat penyuka minuman kekinian ini dimanjakan dengan banyak aneka pilihan jenis dan rasa

 


(ADI)

Berita Terkait