Menikmati Lezatnya Pizza dengan Sambal Matah Khas Bali

Menu pizza matah yang lagi viral di Sidoarjo (Foto / Metro TV) Menu pizza matah yang lagi viral di Sidoarjo (Foto / Metro TV)

SIDOARJO : Pizza makanan khas Italia biasanya dikonsumsi dengan saos ataupun sambal jadi dalam sachet ataupun botol. Namun di Sidoarjo ada pizza digabung dengan sambal matah khas bali serta dicampur isian aneka seafood. Menu ini menjadi  viral dan diburu para pecinta kuliner. Sajian lumayan pedas ini juga pas saat dikonsumsi di musim hujan serta diyakini meningkatkan imun di masa pandemi covid-19. 

Pizza ala nusantara ini disajikan di sebuah restoran di Sidoarjo sejak awal Desember lalu. Beda dengan pizza khas italia, pizza ini dicampur sambal matah khas bali atau disebut piztah. Sementara adonan pizza dicampur aneka seafood dan menghasilkan sensasi pizza unik berbeda dengan pizza biasanya.

Pembuatan piztah ini juga terbilang mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti cabai, bawang merah, bawang putih serta jeruk nipis sebagai campuran sambal matah. Kemudian siapkan adonan roti pizza, yang sudah ditipiskan sedemikian rupa, agar pizza menjadi lebih krispi. 
 
Adonan pizza inilah yang ditaburi dengan sambal matah. Lalu, untuk menambah sensasi rasa pizza ini, ditambahkan pula aneka seafood seperti udang, cumi dan daging ikan tuna. Terakhir, jangan lupa tambahkan keju mozarela. Keju mozarela ini juga merupakan ciri khas dari makanan pizza. 

Setelah dipanaskan di dalam oven selama 15 menit, pizza sambal matah ini bisa disantap bersama. Para penikmat piztah ini mengaku sensasi rasa berbeda, karena pizza ini langsung dicampur sambal asli bukan saos ataupun sambal sachet dan botol.

"Rasanya unik, jika dipadukan dengan irisan seafood yang makin menggugah selera," kata salah satu penikmat piztah.

Pengelola restoran mengaku sengaja menciptakan piztah untuk disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang cenderung lebih menyukai rasa pedas. Penikmat piztah juga bisa merequest, sampai level mana rasa pedas yang mereka inginkan.

"Harganya juga terjangkau hanya Rp30 ribu saja," kata pembuat piztah, Agus Prasetyo. 
 


(ADI)

Berita Terkait