Mudik Pakai Mobil Aman dan Nyaman, Perhatikan 3 Hal Ini

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) survei pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor akan mendominasi pergerakan mudik Lebaran tahun ini. Total 40 juta orang bakal menggunakan kendaraan pribadi dari 79,4 juta orang yang mudik. Sebab itu, mudik tahun ini harus dipersiapkan dengan matang agar aman dan nyaman di perjalanan.

Apa saja yang harus diperhatikan? "Ada tiga poin utama yang harus diperhatikan, yaitu persiapan kendaraan, persiapan diri, dan persiapan selama berkendara," ujar Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

1. Persiapan kendaraan

Pastikan mobil dalam kondisi prima dan telah melakukan servis rutin dengan pengecekan beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem. Selain itu, cek perlengkapan darurat, seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K. Susun muatan di dalam kabin secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.

Baca juga : Bernama Hari Idul Fitri, Pria di Pribolinggo Ini Selalu Menangis Saat Lebaran

2. Persiapan diri

Pastikan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik. Apalagi berkendara dengan kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lain. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang tunai secukupnya.

3. Perhatikan fitur dan cara berkendara

Selama perjalanan gunakan fitur-fitur keamanan berkendara, seperti sabuk pengaman, penggunaan rem, dan menjaga jarak aman. Beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

“Lewat sharing ini, diberharapkan Anda dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih menyenangkan bersama keluarga. Keep safety driving, dan semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga”, ujar Sony.

 


(ADI)

Berita Terkait