Jelang Natal, Petani Cemara di Pasuruan Kebanjiran Order

Pesanan cemara poa-poa meningkat jelang perayaan Natal 2022 (Foto / Istimewa) Pesanan cemara poa-poa meningkat jelang perayaan Natal 2022 (Foto / Istimewa)

Clicks.id: Jelang perayaan Natal, kelompok tani Bunga Cemara di Lereng Gunung Arjuno-Ringgit, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur kebanjiran pesanan. Pesanan bahkan juga datang dari luar negeri, seperti Singapura.

Dalam sehari petani bisa menjual hingga 1.500 pohon cemara. "Kemarin jumlah pesanan mencapai 3 truk. Satu truk berisi 500 pohon," kata pengepul pohon cemara, Wardoyo, dikutip dari Medcom.id, Rabu, 14 Desember 2022.

Wardoyo mengatakan cemara yang banyak dipesan merupakan jenis poa-poa. Cemara jenis ini diklaim langka dan tahan lama. Daunnya tidak rontok meski lama pengiriman mencapai berminggu-minggu. Perawatannya pun sangat mudah, cukup disiram air.

"Ranting yang tumbuh memanjang cukup dipangkas agar pohon terlihat rapi," tambahnya.

Cemara tersebut dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp50.000 - Rp60.000 untuk ukuran 50 sentimeter - satu meter. Sementara itu, ukuran di atas dua meter dijual seharga Rp250.000 - Rp400.000.

Salah seorang petani cemara, Budi, menyebut cemara yang sudah dipindah dari kebun akan dikarantina agar tidak stres saat hendak dikirim. Kemudian, cemara ditanam kembali di dalam pot sebagai hiasan Natal.


(SUR)

Berita Terkait