5 Aplikasi Alquran Terbaik untuk PC, Punya Fitur Tajwid

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Pada Ramadan, umat muslim biasanya mengisi kegiatan dengan lebih banyak beribadah, termasuk membaca Alquran. Selain mendulang banyak pahala, membaca Alquran juga dapat menjadi syafaat kelak di hari kiamat. 

Dengan perkembangan teknologi, membaca Alquran bisa dimana saja dengan gagdet atau perangkat PC (Personal Computer). Ada banyak aplikasi Alquran yang tersedia dan bisa didownload. Aplikasi-aplikasi ini bukan cuma menawarkan bacaan Alquran lengkap dengan artinya.

Bagi yang belum fasih membaca Alquran juga bisa belajar dari aplikasi ini. Apa saja aplikasi Alquran di PC yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang pahala di bulan Ramadan? Berikut rekomendasinya:

1. Ayat KSU (King Saud University) Electronic Mosshaf Project

Aplikasi Alquran Ayat KSU dilengkapi fitur terjemahan dengan 20 pilihan bahasa, salah satunya tentu Bahasa Indonesia. Selain itu juga ada fitur tajwid yang sangat bermanfaat. Fitur lainnya yang bisa dinikmati adalah mendengarkan bacaan dari 20 Qori ternama di dunia. Menariknya untuk mengakses aplikasi ini bisa dilakukan dengan offline (tanpa internet).

2. Al Quran Mushaf Madinah

Aplikasi Alquran kedua yang direkomendasikan ialah aplikasi Al Quran Mushaf Madinah. Ada banyak fitur bermanfaat di aplikasi yang satu ini. Apalagi untuk versi Windows 10 ke atas, lebih banyak lagi fitur yang ditawarkan. Asiknya lagi, aplikasi Al Quran Mushaf Madinah bisa diakses secara gratis.

Baca juga : 5 Cara Jaga Semangat Kerja Saat Berpuasa

3. My Quran Indonesia 1.2.2

Rekomendasi aplikasi Alquran selanjutnya adalah MyQuran Indonesia 1.2.2. Aplikasi yang satu ini menawarkan banyak fitur unggulan dan bahkan sudah dilengkapi fitur share ke media sosial. Selain punya sederet fitur, aplikasi MyQuran Indonesia 1.2.2 juga memiliki tampilan yang enak dipandang, yang bisa membuat betah membaca Al-Auran.

4. MyQuran Indonesia Lite Quran

Aplikasi MyQuran Indonesia Lite Quran merupakan versi ringan dari My Quran yang telah direkomendasikan sebumnya. Allikasi ini sangat cocok untuk PC dengan spesifikasi ringan. Meski ringan, aplikasi Al-Quran PC ini tetap memiliki sederet fitur yang dapat mempermudah membaca Al-Quran. Tampilannya pun tak kalah menarik dari versi beratnya.

5. Zekr

Rekomendasi aplikasi Al-Quran untuk PC yang terakhir adalah aplikasi Zerk. Aplikasi ini dilengkapi fitur terjemahan ke dalam berbagai bahasa dengan opsi yang cukup banyak. Aplikasi Zerk juga memiliki fitur pencarian lafadz yang tentu sangat berguna. Untuk tampilannya sendiri sangat sederhana, sehingga aplikasi hanya memakan sedikit ruamg penyimpanan.


(ADI)

Berita Terkait