5 Cara Jaga Semangat Kerja Saat Berpuasa

Ilustrasi: Freepik Ilustrasi: Freepik

JAKARTA: Menjalankan ibadah puasa saat bekerja tentu bukanlah hal yang mudah. Kurangnya asupan makanan dan cairan selama belasan jam, tentu bisa membuat daya konsentrasi menurun dan menjadi kurang produktif.

Namun, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dikutip dari Hellosehat, berikut lima cara agar tetap semangat bekerja meski sedang berpuasa:

1. Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka

Makan di waktu sahur sangat dianjurkan untuk membantu mempersiapkan tubuh Anda sebelum menjalani puasa. Begitu pula dengan berbuka, Anda bisa mengembalikan energi yang telah terpakai seharian.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi untuk sahur dan berbuka puasa. Sebab, perpaduan karbohidrat, protein, dan lemak diperlukan untuk menopang tubuh saat Anda beraktivitas berat.

Akan tetapi, perlu diingat terdapat beberapa makanan yang sebaiknya Anda dihindari. Seperti, makanan tinggi garam dan gorengan. Daripada makan gorengan untuk buka puasa, sebaiknya konsumsi telur, pisang, atau alpukat.

BACA: Punya Utang Puasa selama Bertahun-tahun? Begini Cara Membayarnya

2. Tidur cukup selama bulan puasa

Alangkah lebih baik jika Anda juga mengatur jadwal tidur selama bulan puasa. Anda bisa tidur lebih awal pada malam hari dan menjadwalkan tidur siang secara teratur.

Tubuh perlu mendapatkan waktu istirahat minimal enam sampai delapan jam setiap harinya. Apabila tubuh kekurangan waktu istirahat, hal ini bisa menurunkan kekebalan tubuh dan akhirnya metabolisme tubuh selama puasa pun jadi terganggu.

Cara ini dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya, stres, dan perubahan mood. Tidur pun jadi salah satu sumber energi yang bagus saat berpuasa bisa sehingga Anda bisa lebih fokus dalam bekerja.

3. Memenuhi kebutuhan cairan

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Saat buang air kecil dan berkeringat, tubuh pun akan kehilangan sekitar dua hingga hingga liter air.

Selama puasa Ramadan, Anda harus menahan diri untuk tidak minum air. Hal ini akan menyebabkan penurunan kadar air dalam tubuh.

Apabila tubuh kehilangan terlalu banyak air, Anda bisa mengalami dehidrasi. Kondisi itu ditandai dengan pusing, sakit kepala, kelelahan, jantung berdebar, dan rasa haus yang berlebihan.

Untuk menghindari dehidrasi, pastikan selama waktu sahur dan berbuka Anda mengonsumsi air minum yang cukup. Anda bisa membuat takaran minum saat puasa yang terdiri dari empat gelas ketika sahur, dua gelas pada malam hari, dan dua gelas saat berbuka puasa.

Dilansir dari Cornell Health, sebaiknya Anda juga menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Sebab, kandungan kafein bisa meningkatkan risiko dehidrasi.

4. Jangan duduk terlalu lama

Ketika puasa hari pertama, kebanyakan orang cenderung lebih letih karena masih beradaptasi. Duduk-duduk di meja kerja tanpa beraktivitas mungkin menjadi momen yang paling nikmat.

Namun, jika Anda duduk terlalu lama dan tidak bergerak sama sekali dapat mengundang berbagai bahaya dalam tubuh. Seperti nyeri pada leher dan punggung serta meningkatkan risiko obesitas.

Jika dilakukan secara berkelanjutan setiap hari, aktivitas ini bahkan dapat berujung pada penyakit jantung dan diabetes.

BACA: 4 Bahan Alami Atasi Bibir Pecah-pecah saat Berpuasa

5. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik ringan

Agar tidak terlalu berlarut-larut dalam rasa lelah, Anda bisa mencoba tips bekerja saat puasa yang satu ini. Cukup dengan melakukan peregangan, berjalan santai, dan latihan pernapasan sederhana.

Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan fisik Anda. Olahraga saat puasa bisa dilakukan sebelum berbuka puasa, sekurang-kurangnya selama 30 hingga 60 menit. Tidak harus setiap hari, cukup berolahraga tiga sampai lima kali seminggu.

Olahraga tidak semata-mata bertujuan untuk membakar lebih banyak energi, tetapi juga membuat Anda lebih fokus bekerja saat berpuasa. Dengan begitu, Anda akhirnya bisa mendapatkan performa kerja yang jauh lebih baik.


(UWA)

Berita Terkait