Loka POM Kediri Sidak Minimarket Jelang Nataru, Ini Temuannya

Petugas gabungan Loka POM Kediri mengecek satu persatu mamin yang ada di minimarket (Foto / Istimewa) Petugas gabungan Loka POM Kediri mengecek satu persatu mamin yang ada di minimarket (Foto / Istimewa)

KEDIRI : Petugas gabungan Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM), Dinas Kesehatan, dan Disperindag Kabupaten Kediri menyidak makanan dan minuman (mamin) di salah satu minimarket. Sidak dilakukan demi mencegah peredaran mamin tak layak edar menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Hasilnya, petugas mendapati sejumlah makanan yang rusak, kedaluwarsa, hingga tanpa izin edar.

"Kami mengintensifkan pengawasan dan peredaran makanan jelang Nataru. Jadi fokus kita pemeriksaan dan pengawasan ke retail dan toko-toko," kata Kepala Loka POM Kediri Singgih Prabowo, Jumat 16 Desember 2022.

Pada sidak kali ini, kata dia, pihaknya menemukan sejumlah makanan yang izin edarnya telah habis. Sehingga, makanan tersebut disita. Tak hanya itu, pihaknya akan memberikan peringatan kepada pengelola pusat perbelanjaan untuk menarik barang yang tidak layak jual.

"Kita fokuskan ke bahan pangan dan olahannya. Kami juga memantau pangan yang tanpa izin edar, rusak, dan kedaluwarsa," ucap dia.

baca juga : Pria Probolinggo Ngamuk Bacok 2 Warga hingga Lawan Polisi

Sementara itu, admin minimarket, Vivi mengatakan, makanan dan minuman tanpa izin edar yang ditemukan petugas merupakan hasil kemasan pusat perbelanjaan itu sendiri. Dia memastikan, makanan dan minuman tersebut akan ditarik hingga izin edar terbit.

"Jadi nanti kami akan informasikan kepala toko ada beberapa yang ditarik dan tanpa izin," ucap Vivi.

Atas temuan ini, Loka POM akan memberikan pembinaan terhadap manajemen minimarket yang kedapatan memasarkan barang tak berizin, rusak, hingga kedaluwarsa.

 


(ADI)

Berita Terkait