Ini Amalan Dzikir Setelah Shalat Jumat Beserta Keutamaannya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Amalan dzikir setelah shalat Jumat memiliki banyak keutamaan. Dzikir berasal dari bahasa arab Dzakara berarti menyebut atau mengingat. Sedangkan menurut istilah syara’ adalah mengingat Allah SWT dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman," (QS. An Nisa: 103).

Perintah dzikir dan berdoa setelah sholat juga dilandaskan dalam hadits Nabi yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi: “Ditanyakan kepada Rasulullah Saw: “Kapankah waktu berdoa yang lebih diperkenankan?” Beliau menjawab: “Di bagian malam terakhir dan setiap selesai shalat fardlu,” (HR. Tirmidzi).

baca juga : 5 Amalan yang Baik Dilakukan di Malam Nisfu Syaban

Di antara salah satu waktu yang sangat dianjurkan berdzikir dan berdoa adalah setelah shalat fardlu, salah satunya shalat Jumat. Waktu tersebut merupakan salah satu yang dijanjikan oleh Allah dikabulkannya doa-doa. Sedangkan tempat yang paling utama adalah masjid yang merupakan rumah Allah (Baitullah).

Amalan Dzikir Setelah Shalat Jumat

1. Membaca Surat Al Fatihah 7x
2. Surat Al Ikhlas 7x
3. Surat Al Falaq 7x
4. Surat An Naas 7x

“Barang siapa membaca setelah shalat Jumat Qul huwa Allaahu ahad, Qul A’uudzu bi Robbil Falaq, Qul A’uudzu bi Robbin Naas, masing-masing tujuh kali, Allah menjaganya dari kejelekan hingga jumat berikutnya," (Hasyiyah I’aanah at-Thoolibiin II/106).

Keutamaan Dzikir Setelah Shalat Jumat

Dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca dzikir dan doa setelah sholat Jumat. Di antaranya akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya, dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya. Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

 


(ADI)

Berita Terkait