7 Amalan Terbaik Saat Gerhana Bulan

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Sebentar lagi akan terjadi fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia yakni pada tanggal 5-6 Mei 2023. Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi tidak persis sejajar.

Hal ini membuat bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi. Akibatnya, saat gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Seperti yang sudah diketahui bersama, saat terjadi gerhana bulan, umat muslim dianjurkan untuk salat sunah dua rakaat atau salat sunah gerhana bulan (khusuf).

Namun, tahukah Kamu ternyata selain salat, ada beberapa amalan lain yang bisa dikerjakan saat gerhana bulan. Dilansir dari NU Online, berikut Medcom.id sudah merangkum amalan apa saja yang bisa dikerjakan saat gerhana bulan selain salat.

1. Salat gerhana (khusuf)

Salat sunah gerhana bulan terbilang sunah muakkad (sangat dianjurkan mendekati wajib). Hal ini sudah dijelaskan pada hadis dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari no. 1044).

2. Bersedekah

Selain salat, ada amalan lain yang bisa dikerjakan yakni bersedekah. Seperti yang sudah diketahui bersama, sedekah merupakan salah satu amalan yang paling utama. Dalam sebuah hadis Umar bin Khatab berkata:

  "Sesungguhnya, amal-amal itu saling membanggakan diri, maka sedekah pun berkata, 'Aku adalah amal kalian yang paling utama.'" (HR. Ibnu Khuzaimah dan Al-Hakim).

3. Memperbanyak doa

Doa adalah salah satu ibadah yang kedudukannya paling tinggi dan paling mulia di hadapan Allah SWT, sebagaimana dijelaskan dalam hadis: "Doa itu adalah otaknya dari ibadah." (HR. At-Tirmidzi).

4. Berkhutbah

Saat gerhana bulan terjadi, amalan yang bisa dikerjakan adalah berkhutbah atau mendengarkan khutbah, sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

Dari Aisyah, “Beliau menuturkan bahwa gerhana matahari pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau bangkit dan melaksanakan salat Khusuf. Setelah itu beliau berkhotbah di hadapan orang banyak, beliau memuji dan menyanjung Allah.” (HR. Bukhari, no. 1044).

5. Memperbanyak dzikir dan istighfar

Memperbanyak dzikir dan beristigfar kepada Allah SWT saat terjadinya gerhana bulan merupakan salah satu amalan yang bisa dikerjakan. Dalam suatu riwayat hadits, Abu Musa Al-Asy'ari RA mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

"Apabila kalian melihat sesuatu dari hal tersebut, maka takutlah kemudian berzikir, berdoa, dan membaca istighfar untuknya." (HR. Bukhari).

6. Memperbanyak sholawat

Selain berdzikir, memperbanyak sholawat juga merupakan salah satu amalan yang bisa dikerjakan saat gerhana bulan. Dengan memperbanyak sholawat membuat akan terus mengingat Allah SWT. Anjuran untuk membaca sholawat saat gerhana Bulan dijelaskan dalam hadis:

"Sesungguhnya matahari dan rembulan adalah dua tanda kekuasaan Allah. Keduanya mengalami gerhana, bukan karena kematian atau kehidupan seseorang. Apabila kalian melihat hal tersebut, maka berdoalah, membaca takbir, membaca sholawat, dan bersedekahlah." (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Mengerjakan kebaikan

Amalan terakhir yang bisa dilakukan saat terjadi gerhana bulan adalah mengerjakan kebaikan, apapun itu bentuknya yang namanya kebaikan pasti akan selalu memperoleh ridho Allah SWT.

 


(TOM)

Berita Terkait