5 Amalan yang Baik Dilakukan di Malam Nisfu Syaban

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID:  Nisfu Syaban merupakan malam yang penuh kemuliaan. Pada malam Nisfu Syaban Allah Swt membuka 300 pintu rahmat dan pintu ampunan kepada umat muslim. Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 di bulan ke delapan dalam kalender hijriah.

Pada tahun ini, malam Nisfu Syaban 1443 Hijriah jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023. Sementara, awal bulan Syaban atau 1 Syaban jatuh pada 21 Februari.

Yahya bin Mu'adz mendefinisikan kata Syaban terbagi menjadi lima huruf. Setiap hurufnya diliputi anugerah dari Allah SWT untuk orang-orang beriman. Yakni, huruf Syin akan diberi syaraf (kehormatan) dan syafa’at, huruf ‘Ain akan diberi 'izzah (keperkasaan) dan kemuliaan, huruf Ba akan diberi birr (kebaikan), huruf Alif akan diberi ulfah (kelemahan-lembutan), dan Nun akan diberi nur (cahaya).

Sementara, para ulama mendefinsikan bahwa bulan Rajab merupakan untuk mensucikan badan dan bulan Syaban untuk mensucikan hati, dan bulan Ramadan untuk mensucikan ruh.

Untuk mendapatkan keistimewaan malam Nisfu Syaban, ada amalan yang harus dilakukan untuk meraihnya. Yaitu sebagai berikut.

1. Perbanyak Membaca Salawat

Barangsiapa yang memperbanyak baca salawat, maka akan mendapatkan perantara permohonan ampunan dari malaikat.

Bersumber dari Anas bin Malik, bahwa Rasul ?bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah menciptakan lautan cahaya di bawah Arsy, kemudian Dia ciptakan seorang malaikat yang mempunyai sepasang sayap, salah satu di antaranya ada di Timur dan yang lain ada di Barat, sedang kepalanya terletak di bawah Arsy’, dan kedua kakinya terletak di bawah bumi yang ke tujuh."

"Apabila seorang hamba bersalawat untukku pada bulan Syaban, maka Allah menyuruh malaikat tersebut supaya menyelam ke dalam air kehidupan. Malaikat itu pun menyelam, kemudian keluar lagi daripadanya dan mengibaskan sayapnya, maka menitiklah dari tiap-tiap bulu (nya) beberapa tetes. Dari tiap-tiap tetes itu, oleh Allah diciptakan menjadi seorang malaikat yang memohonkan ampunan bagi hamba itu sampai hari kiamat.”
 

2. Membaca Doa Malam Nisfu Syaban

Rasulullah ? mengatakan, pada malam nisfu Syaban, Allah SWT membuka pintu rahmat, ampunan dan doa-doa yang dipanjatkan akan terkabulkan.

Rasulullah ? bersabda: “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, At Thabrani, dan disahihkan Al Albani)

3. Berpuasa 3 Hari pada Bulan Syaban

Untuk meraih keistiweaan bulan Syaban yang agung, diantaranya dengan berpuasa 3 hari pada bulan Syaban. Agar mendapatkan pahala beribadah selama 70 tahun.

Sebagaimana sabda Nabi ?:

“Barangsiapa berpuasa tiga hari pada bulan Syaban, dan tiga hari pada tengahnya, maka Allah akan menuliskan baginya pahala dari tujuh puluh orang Nabi, dan adalah seperti orang yang beribadah kepada Allah selama tujuh puluh tahun. Dan jika dia mati pada tahun itu, dia mati sebagai pahlawan syahid.”

4. Melaksanakan Salat Sunah Tasbih

Amalan yang dilakukan pada malam bulan Syaban yakni salat sunah tasbih pada bulan Syaban. Barangsiapa yang salat di waktu itu, maka akan dibukakan pintu-pintu langit dan rahmat.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasul bersabda:

“Jibril pada malam pertengahan bulan Syaban datang kepadaku, lalu mengatakan: ‘Hai Muhammad, malam ini dibukakan pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Maka, bangkitlah kamu, salat dan angkatlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit.”

5. Perbanyak Membaca Istigfar

Membaca istigfar menjadi salah satu amalan dalam meraih keberkahan di bulan Syaban. Menurut Rasul, barangsiapa yang membaca istigfar pada bulan Syaban, Allah akan mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik.

Rasulullah ? bersabda: “Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, At Thabrani, dan disahihkan Al Albani)

Demikian beberapa amalan pada bulan Syaban. Semoga kita senantiasa dilimpahkan kebaikan dan keistimewaan yang terkandung dalam bulan Syaban ini.


(TOM)

Berita Terkait