Motor Masa Depan Ini Diklaim Bisa Melaju 300 KMP

 NAWA Technologies meluncurkan konsep sepeda motor listrik bernama Racer yang diklaim mampu melaju hingga 300 KMP (Foto / Istimewa) NAWA Technologies meluncurkan konsep sepeda motor listrik bernama Racer yang diklaim mampu melaju hingga 300 KMP (Foto / Istimewa)

SURABAYA : NAWA Technologies meluncurkan konsep sepeda motor listrik bernama Racer. Menggunakan baterai standar dan teknologi ultracapacitor berbasis nano, teknologi yang mereka kembangkan dapat menggandakan jangkauan kendaraan.

“NAWA Racer adalah visi kami untuk sepeda motor listrik masa depan,” kata Pascal Boulanger, pendiri NAWA Technologies, dilansir dari Carscoops, Senin 22 November 2021.

“Ini ringan, cepat, dan menyenangkan, sempurna untuk perjalanan kota bebas emisi yang akan membuat Anda tersenyum. Namun, berkat powertrain listrik revolusionernya, yang menggabungkan ultrakapasitor NAWA dengan lithium-ion, dia meletakkan cetak biru untuk masa depan,” katanya.

Powertrain motor listrik tersebut menggabungkan baterai lithium-ion ultrakapasitor berbasis nano generasi berikutnya yang dapat menyimpan energi 10-100 kali lebih banyak per unit volume serta mengirimkan muatan jauh lebih cepat daripada baterai. Teknologi serupa juga telah dikembangkan Lamborghini.

Baca Juga : Tes Antipeluru, Kaca Tesla Model X Diberondong AK47

NAWA mengklaim dengan menggabungkan kedua sumber energi, mengoptimalkan keduanya untuk powertrain listrik. Melalui bantuan superkapasitor, ukuran paket baterai lithium-ion yang berat dapat dikurangi dan waktu pengisian dapat dipangkas pula.

Perusahaan menerima bantuan dari Grup Envisage Inggris, serta sejumlah lainnya mengembangkan versi konsep NAWA Racer yang berfungsi penuh. Sepeda ini terinspirasi dari cafe racer ini mampu melaju sejauh 300 km (186 mil) sekali charge di lingkungan perkotaan dan ditenagai motor in-wheel.

Panel bodi komposit dan lengan belakang membantu menjaga bobot tetap rendah. NAWA Racer akan dipamerkan di pameran EICMA 2021, pameran sepeda motor terbesar dunia, di Milan, Italia, pada 25-28 November 2021.

 


(ADI)

Berita Terkait