Nissan Skyline GT-R Mendiang Paul Walker di Fast and Furious Cetak Rekor Termahal di Dunia, Laku Rp17,2 Miliar

Nissan Skyline GT-R warna biru ini pernah tampil di film Fast and Furious 4 (Foto / Istimewa) Nissan Skyline GT-R warna biru ini pernah tampil di film Fast and Furious 4 (Foto / Istimewa)
SURABAYA : Mobil yang pernah tampil di film Fast and Furious, Nissan Skyline GT-R berhasil jadi mobil termahal di dunia setelah terjual di balai lelang Bonhams sebesar 1,18 juta dolar AS atau setara Rp17,2 miliar. Mobil sedan sport berwarna biru itu dibawa pulang dengan tambahan bunga lelang 1,357 juta dolar AS atau mencapai Rp19,7 miliar.

Nissan Skyline GT-R yang dijual itu diketahui pernah dikendarai pemeran film Fast and Furious 4, mendiang Paul Walker. Dalam film pertama Fast and Furious itu Paul Walker berperan sebagai seorang agen FBI bernama Brian O'Connor yang memilih sedan sport Nissan Skyline GT-R sebagai tunggangannya.

"Mobil ini merupakan salah satu mobil film modern paling terkenal di dunia. Rekor tercipta karena harganya lebih dari dua kali lipat dari rekor sebelumnya," tulis keterangan resmi Bonham.

Dikutip dari Drive, Senin 8 Mei 2023, mobil sedan sport dari Jepang berwarna biru itu justru punya cerita menarik dan miris. Sutradara film Fast and Furious 4, Justin Lin menginginkan mobil Nissan Skyline GT-R ada dalam film tersebut.

baca juga : Intip Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Jokowi yang Diajak Offroad di Lampung

Sayangnya mobil itu justru tidak dijual di wilayah negeri Paman Sam. Alhasil mereka meminta importir Kaizo Industries untuk mengirimnya dari Jepang ke Amerika Serikat.

Agar harganya murah, mobil tersebut justru dikirim tanpa mesin. Begitu sampai di Amerika mobil itu kemudian dipasang dengan mesin yang sesuai untuk bisa digunakan selama syuting film berjalan. Sayangnya cara tersebut justru tidak diperkenakan oleh aturan.

Begitu film selesai mobil Nissan Skyline GT-R itu langsung disita oleh otoritas terkait di Amerika Serikat karena melanggar aturan impor. "Kaizo Industries mengimpor Nissan Skyline sebagai mobil contoh yang sebenarnya merupakan kendaraan rakitan penuh tanpa mesin," jelas Drive.

Setelahnya rumah lelang Bonham berusaha mengambil alih kepemilikan mobil sedan sport tersebut. Tidak disebutkan berapa dana yang dikucurkan agar mobil itu bebas dari kurungan. Yang pasti saat ini mobil itu sudah berhasil ada di tangan rumah lelang Bonham dan kemudian mencetak rekor penjualan.


(ADI)

Berita Terkait