Intip Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Jokowi yang Diajak Offroad di Lampung

Penampakan mobil dinas Presiden Jokowi saat melintas di jalan rusak di Lampung (Foto / Istimewa) Penampakan mobil dinas Presiden Jokowi saat melintas di jalan rusak di Lampung (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke daerah Lampung dan viral menggunakan sedan mewah Mercedes-Benz S600 Guard. Jokowi memang kerap memakai berbagai kendaraan saat melakukan kunjungan ke daerah. Kunjungan ke daerah Lampung yang dilakukan Jokowi sekaligus untuk mengecek jalan rusak tepatnya di Terusan Ryacudu, Lampung, Jumat 5 Mei 2023.

Sedan mewah yang ditunggangi Jokowi sempat kewalahan dengan jalur rusak yang dilewati. Lantas, seperti apa spesifikasi yang dimiliki kendaraan kepresiden tersebut?

S600 yang ditumpangi Jokowi dibekali mesin biturbo 12 silinder bertenaga 517 daya kuda. Performa besarnya itu mampu membuat sedan besar tersebut melesat cepat untuk melarikan diri dari situasi berbahaya. Mercedes-Benz S600 Guard juga memiliki perlindungan tertinggi dan telah direkayasa hingga tingkat ketahanan B6/B7. Mobil ini tahan terhadap peluru, granat dan bahan peledak lain.

Fitur keselamatan lainnya, ada run-flat tyre, tangki bahan bakar self-sealing dan sistem pemadam kebakaran. Perlu diingat, meski sangat canggih dan aman, S600 Guard bukan didesain untuk penggunaan medan offorad. Namun terlihat dari video yang beredar, tampak S600 Guard yang dinaiki presiden ditinggikan suspensinya.

baca juga : BUMN Buka Lowongan Kerja 2023, Ini Syarat dan Tahapannya!

Suspensi udara dengan setelan ketinggian tertentu sepertinya bisa diatur sesuai kebutuhan. Dalam iring-iringan presiden tersebut, terlihat kendaraan lainnya mengikuti S600 Guard di belakang. Mulai dari motor trail, Toyota Innova, Fortuner dan lainnya. Pengikut presiden justru menggunakan kendaraan ground clearance yang lebih tinggi dan aman untuk melibas jalur rusak.


(ADI)

Berita Terkait