Pasokan Listrik ke Madura Terganggu, Pemadaman Bergilir Seminggu

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengecek ganggunan pasokan listrik ke Madura di Suramadu (Foto / Metro TV) Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengecek ganggunan pasokan listrik ke Madura di Suramadu (Foto / Metro TV)

MADURA : Beberapa hari ke depan suplai listrik ke Madura bakal terganggu, menyusul terjadinya gangguan penghantar 150 kV Ujung-Bangkalan. Kondisi itu, memaksa PLN melakukan pemadaman bergilir di sejumlah titik di wilayah Madura.

“Pemadaman ini tentunya di luar keinginan kita, namun hal ini harus kita maklumi karena ini terkait masalah teknis. Mohon masyarakat dapat bersabar,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin 28 Februari 2022.

Khofifah pun mengimbau masyarakat Madura agar bijak mengkonsumsi listrik untuk mengurangi dampak pemadaman, utamanya di sektor rumah tangga dan dan industri. “Dengan mengurangi beban pemakaian listrik kita harapkan daya listrik yang ada sekarang bisa mencukupi dan tidak perlu melakukan pemadaman di wilayah yang luas lagi,” jelasnya.

Baca juga : Kali Asin Meluap, Warga Pantura Lamongan Diterjang Banjir

Khofifah mengatakan, sembari menunggu perbaikan kabel/jaringan, PLN akan memberikan support genset mobile untuk pondok pesantren dan tempat ibadah yang menyelenggarakan acara peringatan Isro Mi’roj. Total ada sebanyak 73 unit genset berkapasitas 4367,60 kVA dari Jakarta Raya, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Dari kekurangan beban sebesar kurang lebih 40MW akan dinyalakan secara bertahap secepat mungkin. PLN juga sudah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat akan ketidaknyamanan ini. Sekali lagi mohon agar masyarakat Madura bersabar dan kita doakan semoga proses pemulihan dapat segera tercapai 100 persen,” tuturnya.


(ADI)

Berita Terkait