Traveler Wajib Tahu, Ini Daftar Peraturan Nyeleneh di Dunia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bagi Anda yang hendak pergi ke suatu negara yang belum pernah dikunjungi sebelumya ada beberapa hal yang harus diketahui. Salah satunya adalah budaya dan aturan yang dibuat di negara tersebut. Sebab di beberapa negara, ada peraturan yang mungkin tak lazim ditemukan di negara manapun.  

Memang, setiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda dan unik. Aturan ini dibuat guna menjaga kelestarian lingkungan di negara serta untuk melestarikan budaya yang sudah ada sejak bertahun-tahun lamanya. Aturan-aturan ini mungkin terkesan aneh untuk wisatawan yang datang, karena bisa jadi berbeda dengan kebudayaan di negara asalnya, terlebih Indonesia.

Berikut 6 negara yang memiliki peratuan aneh yang dirangkum Clicks.id dari berbagai sumber

1. Dilarang kunyah permen karet di Singapura

Singapura memiliki aturan unik untuk menjaga kebersihan negaranya. Tak heran jika Singapura menjadi salah satu negara yang berhasil maju dan paling bersih di Asia. Singapura memiliki peraturan yang melarang masyarakatnya memakan permen karet untuk menjaga kebersihan kota.

Permen karet memiliki tekstur lengket jika dibuang sembarangan di tengah jalan. Ini akan menjadi kotoran yang kemudian diinjak-injak oleh orang lain. Akibatnya, sampah tersebut akan tersebar dan mengotori seluruh jalan.

2. Jangan tanya asal-usul negara di Australia

Sebagai negara multikultural, warga negara Australia berasal dari hampir seluruh pelosok dunia, baik lewat lahir maupun proses naturalisasi. Karenanya, sangat normal mendengar 4-5 bahasa berbeda dalam satu gerbong kereta di Australia.

Jika Anda menanyakan dari negara mana orang tersebut berasal, mereka akan menjawabnya dengan mimik wajah yang tidak menyenangkan. Karena Anda dianggap mempertanyakan kadar ke-Australia-an mereka.

Baca Juga : 7 Fakta Menarik Serial All of Us Are Dead yang Bikin Penasaran!

3. Jangan asal foto di Pakistan

Di sana, Anda tidak bisa dengan sembarang mengambil foto lho. Mengambil foto dengan latar seperti bangunan pemerintah dan militer adalah hal yang tidak diperbolehkan di Pakistan. Mengambil foto keluarga di bandara sebelum naik pesawat juga larangan di sana. Jika masih nekat melakukannya, Anda akan mendapatkan denda.

4. Dilarang selamatkan orang tenggelam di Tiongkok

Jika berada di Tiongkok dan memilih pantai sebagai destinasi, Anda harus berhati-hati. Karena jika melihat orang yang tenggelam di tengah laut, Anda dilarang keras untuk menyelamatkannya. Sebab, menyelamatkan orang yang tenggelam di negara ini adalah tindakan ilegal. Hukum tersebut merujuk pada filosofi yang mengatakan menyelamatkan orang tenggelam bisa merusak nasib seseorang.

5. Dilarang meludah di Inggris

Larangan meludah di sembarang tempat sudah ditetapkan di beberapa negara, salah satunya Inggris. Pemerintah menganggap meludah di sembarang tempat akan menimbulkan masalah kesehatan dan pencemaran lingkungan.

Meski terlihat aneh, Inggris memiliki aturan dan menaati aturan unik tersebut. Tidak tanggung-tanggung, denda yang ditetapkan juga sangat besar, sehingga mau tidak mau, warga akan menaati peraturan yang ditetapkan.

6. Dilarang matikan lampu mobil di Denmark

Jika di Indonesia motor wajib menyalakan lampu besar di siang hari, namun ada peraturan unik di Denmark. Karena mobil lah yang harus menyalakan lampu besar ketika siang hari. Hal tersebut ternyata digunakan untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di Denmark. Jika Anda berkendara dan lupa untuk menyalakan lampu besar, Anda akan dikenakan denda mencapai 100 dolar AS.

 


(ADI)

Berita Terkait