Tak Ingin Ketinggalan, China Segera Luncurkan Supercar Terbang

Penampakan supercar terbang yang segera diluncurkan perusahan otomotif China, Xpeng (Foto / Istimewa) Penampakan supercar terbang yang segera diluncurkan perusahan otomotif China, Xpeng (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Dalam hal teknologi dan inovasi China selalu ingin bersaing dengan negara maju lain. Terbaru pabrikan mobil China, XPeng mengumumkan akan menghadirkan berbagai konsep teknologi baru. Antara lain meluncurkan mobil terbang dan robot menyerupai kuda poni.

Dilansiri dari Carscoops, Selasa 26 Oktober 2021, mobil terbang ini dikembangkan afiliasi XPeng'x Urban Air Mobility, HT Aero. Perusahaan menyebutkan desain mobil dibuat ringan dan mekanisme rotor (baling-baling) yang dapat dilipat.

Mekanismenya, saat mobil diparkir dua pintu gullwing akan terbuka, dan rotor berayun ke tempatnya. Setelah itu baling-baling akan memanjang dan memungkinkan mobil lepas landas serta mendarat secara vertikal. Dari segi desain dan style, model ini terlihat seperti supercar futuristik karena menampilkan desain aerodinamis dan roda belakang tertutup sebagian.

Baca Juga : PBB Putuskan Kendaraan Berbahan Bakar Minyak Dihapus 2040

Model pada mobil terbang ini juga mengusung interior berteknologi tinggi dengan sistem infotainment transparan dan tampilan digital yang terintegrasi ke dalam kemudi. Pada lingkar kemudi terdapat pembagi pusat dan kontrol unik untuk terbang. Dalam informasi lain menunjukan mobil terbang XPeng akan menggunakan sistem bantuan driver XPilot 3.5 pada awal tahun depan.

Sistem tersebut akan menampilkan “solusi fusi persepsi empat kali lipat pertama yang diproduksi secara massal di industri, kamera ganda, sensor radar gelombang LiDAR dan milimeter. Pada paruh pertama 2023, XPeng akan meluncurkan XPilot 4.0. Ini disebut sebagai sistem bantuan pengemudi "skenario penuh" yang memungkinkan mengemudi dari titik-ke-titik secara otonom.

Kendaraan ini akan menggunakan kamera teropong depan dengan resolusi 8 juta piksel, kamera tampak samping 2,9 juta piksel, dan dua SoC penggerak otonom Orin-X. Tidak hanya itu, mobil terbang ini berencana menanamkan platform SiC produksi massal 800V tegangan tinggi pertama di China, dengan supercharger X-Power generasi baru yang mampu mengisi daya hingga jarak 200 km hanya dalam 5 menit.

Pada peluncuran nanti perusahaan akan memperkenalkan supercharger 480 kW, teknologi pengisian batre super cepat. Perusahaan mengatakan peluncuran mobil konsepnya ini akan dipamerkan pada 2024. XPeng sangat percaya diri mobil terbang canggih buatannya akan mendapat izin (legal) di jalanan.

Bersamaan dengan peluncuran mobil terbang, perusahaan China ini juga akan memperkenalkan prototipe robot kuda poni. Robot hewan ini memiliki berbagai fitur canggih, di antaranya fitur penginderaan wajah, tubuh dan suara untuk mengenali banyak pengguna. Teknologi ini berjalan berkat perencanaan rute 3D dan anggota tubuh berteknologi tinggi.

 


(ADI)

Berita Terkait