8 Orang Satu Dusun Tertangkap Curi Besi Rel Kereta Api

Barang bukti mobil pikap dan rel lori/ist Barang bukti mobil pikap dan rel lori/ist

JEMBER: Sebanyak delapan orang dari satu dusun di Lumajang ditangkap polisi setelah mencuri besi rel kereta api di Desa Padomasan, Kecamatan Jombang, Jember, Jawa Timur, Minggu 9 Juli 2023.

Kapolsek Jombang AKP Adam mengatakan, para pelaku  dari Dusun Krajan, Desa Sumberanyar, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang itu  tertangkap basah saat mencuri  20 batang rel lori milik PG Semboro.  

Sebelum melancarkan aksinya, delapan tersangka yang berasal dari satu dusun itu melakukan survei lokasi. Setelah menemukan target, mereka kembali ke lokasi, Sabtu, 8 Juli 2023 pukul 22.00 WIB.  

"Setelah merasa aman, mereka menggergaji besi rel lori. Dalam waktu yang tidak lama,berhasil mendapatkan 20 batang rel lori. Selanjutnya, 20 rel yang sudah terpotong itu disembunyikan di sungai, " ujarnya.  

Para tersangka kemudian menaikkan besi rel lori satu persatu ke atas Pikap Daihatsu Grandmax Nopol DK 8324 AC. Belum selesai menaikkan lori tersebut, anggota Polsek Jombang datang ke lokasi.

BACA: Pikap Angkut Semen Terguling di Ngawi, 2 Terluka!

Melihat kedatangan polisi yang secara tiba-tiba, mereka tidak bisa berkutik. Mereka hanya pasrah saat digelandang ke Polsek Jombang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, dari delapan tersangka tersebut, tiga di antaranya satu keluarga. Mereka adalah bapak berinisial S, anaknya berinisial MW, dan menantu berinisial IR.

Hingga saat ini polisi masih melakukan pengembangan. Polisi belum bisa memastikan berapa kali mereka melakukan aksi pencurian besi rel lori. Polisi juga belum bisa memastikan tujuan tersangka mencuri rel.

“Belum, masih belum diketahui, apa motif ekonomi atau lainnya. Kami masih melakukan pengembangan,” lanjut Adam.

Dalam kasus ini polisi menyita barang bukti berupa 20 batang besi rel lori berukuran 2 meter dan satu unit pikap. Atas kejadian tersebut pihak Pabrik Gula (PG) Semboro mengalami kerugian Rp 32 juta.

 


(TOM)

Berita Terkait