Kapal Tongkang Meledak di Perairan Gresik, Satu ABK Meninggal Dunia

ABK yang tewas akibat kecelakaan kapal tongkang di peraiaran Gresik (Foto / Istimewa) ABK yang tewas akibat kecelakaan kapal tongkang di peraiaran Gresik (Foto / Istimewa)

GRESIK : Kapal tongkang bermuatan tiang pancang dan tiang listrik di peraian Gresik meledak. Akibat insiden itu, seorang ABK kapal tewas. Kapal tongkang berkode MR 01 yang ditarik kapal tug boat MR 801 dari pelabuhan Gresik menuju pelabuhan Banjarmasin.

Kanit Satpolairud Bawean Bripka Sodiq Susanto mengatakan, ABK yang meninggal itu bernama Mahmud (32). Saat itu, kata Sodiq, Kapten kapal tug boat yang bernama Basuni tiba-tiba mendengar dentuman cukup keras, hingga tiang pancang dan listrik berjatuhan dari tongkang.

“Karena saat itu juga terjadi ombak cukup besar. Sontak sang kapten pun hendak menyelamatkan tongkang yang sudah posisi miring,” beber Sodiq.

Mengetahui hal itu, Kapten kapal pun memutar balik kapal tug boat untuk menyelamatkan crew di kapal tongkang. “Dua crew Ririn dan Abdur Rahman sebagai kelasi tongkang berhasil menyelamatkan diri. Dengan menceburkan diri ke laut,” urainya.

Baca juga : Terkait Video Perang Badar Bela Mas Bechi, Begini Kata Petinggi Shiddiqiyah

Sedangkan satu crew, yakni Mahmud tertimpa muatan kapal yang berjatuhan itu hingga kedua kakinya terjepit crane tongkang. Korban langsung meninggal di tempat. “Jadi kaki korban terjepit alat pemindah barang. Hingga korban mengalami patah kedua kakinya dan meninggal di tempat,”  jelas dia.

Kapal TB pun kemudian diarahkan ke Pulau Bawean bersama crew tongkang yang selamat. Karena posisi kejadian berada 40 mil dari perairan Pulau Bawean. Sedangkan tongkang masih tertinggal di Perairan Bawean.

“Petugas bersama nelayan setempat  membantu evakuasi TB beserta crew ke daratan Pulau Bawean. Tepatnya di Pelabuhan Sangkapura. Setelah itu, korban langsung dilarikan ke RS Ibnu Sina Gresik untuk dilakukan VER jenazah,” tutur Sodiq.


(ADI)

Berita Terkait