Makan Lontong Kupang Berjamaah, 13.000 Emak-Emak di Sidoarjo Pecahkan Rekor MURI

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SIDOARJO : Sebanyak 13.000 emak-emak di Sidoarjo makan lontong kupang bersama di parkir timur GOR Sidoarjo, Minggu 28 Mei 2023. Santap kuliner khas Sidoarjo itu pun memecahkan rekor dunia dengan jumlah terbanyak. Kegiatan tersebut diawali dengan doa bersama, bernyanyi dan dilanjutkan dengan santap lontong kupang secara serentak. Belasan emak-emak yang terlibat dalam acara tersebut tampak antusias dan bersemangat.

Karena baru pertama kali dilakukan, aksi makan kupang bersama yang diikuti sekitar 13.000 emak-emak dari kalangan Muslimat NU se-sidoarjo ini mendapat penghargaan langsung dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Jenis penghargaan itu yakni makan lontong kupang terbanyak di Indonesia dan dunia.

Bupati SidoarjoAchmad Muhdlor, mengatakan, santap lontong kupang tersebut digelar dalam rangka memopulerkan kuliner khas Sidorjo kepada khalayak. Harapannya, kuliner khas daerah tersebut tetap lestari di tengah gempuran makanan siap saji.

"Ini tentunya menguatkan kami selaku Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk mengenalkan (kuliner) ini ke masyarakat luas," katanya.

baca juga : Truk Boks Bermuatan Popok Ludes Terbakar, Kerugian Rp200 Juta

Ketua Panitia, Ainun Jariyah, mengatakan, selain memopulerkan kuliner khas Sidoarjo, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. "Semoga pelaku usaha dan penjual lontong kupang ini terangkat rezekinya," katanya.

Sementara itu,masyarakat dan pencinta kuliner khas daerah mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Sujinah misalnya, meski bukan warga Sidoarjo, dia sangat familiar dengan makanan berbahan lontong dan kupang (sejenis kerang laut) tersebut. "Saya asli Nganjuk. Tapi setelah di Sidoarjo saya suka sekali kupang ini," ujarnya.

Diketahui, makanan lontong kupang kini banyak dijumpai di sejumlah warung makanan di Sidoarjo. Jika anda tertarik, silahkan mampir ke Sidoarjo untuk menikmati.


(ADI)

Berita Terkait