Jangan Salah Beli, Begini Cara Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bagi pemilik kendaraan mungkin tidak semua mengerti cara membaca ukuran ban mobil. Ini penting diketahui agar pada saat akan mengganti ban tidak salah pilih. Pada setiap ban mobil tertera kode yang mencakup kombinasi angka dan huruf.

Kode ini memiliki sebagai informasi mengenai spesifikasi ban. Mulai dari tipe, tahun produksi, ukuran, beban maksimal, dan batas kecepatan. Berikut ulasannya yang dilansir dari Auto2000 :

1. Tiga angka depan sebagai kode ketebalan

Ban mobil memiliki kode 205/60 R 16 95H. Nah, pada bagian awal kode (tiga angka paling depan), yakni 205, menunjukan tingkat ketebalan dinding ban dalam ukuran milimeter ketika dipasangi pelek.

2. Dua angka setelah garis miring adalah rasio ban

Setelah tiga angka paling depan, akan menemukan garis miring sebagai pemisah kode. Dua angka setelah garis miring ini, yakni 60, merupakan rasio ban. Kode rasio ban artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

3. Huruf di tengah sebagai kode konstruksi ban

Tidak hanya angka, kode ban juga terdiri atas huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Huruf yang berada di tengah kode, yaitu R, merupakan kode konstruksi ban. Huruf R merupakan kepanjangan dari kata radial.

Baca juga : Mudik Pakai Mobil Aman dan Nyaman, Perhatikan 3 Hal Ini

4. Dua angka setelah huruf adalah kode lebar diameter

Lanjut ke dua angka yang muncul di belakang huruf, yaitu 16, adalah kode penunjuk lebar diameter velg ban dalam satuan inci. Semakin besar angkanya, maka semakin besar ukuran velg yang terpasang pada ban.

5. Dua angka terakhir adalah kode batas beban tumpuan

Beralih ke dua angka paling akhir sebelum kode huruf. Dua angka tersebut adalah 95, ini merupakan kode batas beban tumpuan yang mampu ditopang oleh masing-masing ban. Tiap kode ini memiliki beban tumpuan berbeda. Kode 70 berarti beban maksimal 335 kg, kode 75 berarti beban maksimal 387 kg, kode 80 berarti beban maksimal 450 kg, kode 90 berarti beban maksimal 600 kg, kode 95 berarti beban maksimal 690 kg, dan kode 100 berarti beban maksimal 800 kg.

6. Satu huruf terakhir adalah kode speed rating

Huruf paling belakang menunjukkan kode speed rating. Sebuah ban dengan kode H artinya memiliki batas kecepatan maksimum hingga 210 km/jam. Selain H, ada juga kode batas maksimum lain seperti J, Q, S, T, U, V, W, dan Y. Di mana J adalah lambang kecepatan maksimal paling rendah 100 km/jam ,dan Y adalah lambang kecepatan maksimal paling tinggi 300 km/jam.

Kode 205/65R15 95H
205 = Lebar Ban
65 = Tinggi Ban
R = Ring / Diameter
16 = Ukuran Ring
95 = Beban Maksimum
H = Kecepatan Maksimum 210 Km/Jam

Kode Produksi Ban

Selain kode ukuran dan spesifikasi ban, terdapat pula kode tahun produksi. Ini penting diketahui agar mengetahui ban yang dibeli adalah produksi terbaru, bukan model lama. Sebagai contoh kode 1922. Dua angka di depan menandakan minggu ke 19, dan dua di belakang 22 menandakan tahun produksi 2022.

 


(ADI)

Berita Terkait