Jangan Salah Beli, Ini Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

Anda bisa mulai bandingkan warna lipstik yang Anda beli dengan warna kulit sendiri. Foto: Freepik Anda bisa mulai bandingkan warna lipstik yang Anda beli dengan warna kulit sendiri. Foto: Freepik

JAKARTA: Ada beragam warna lipstik yang bisa dipilih untuk menunjang penampilan Anda. Selain dapat mempercantik diri, lipstik dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Namun perlu diingat, memilih warna lipstik enggak bisa sembarangan. Anda juga perlu tahu warna lipstik seperti apa yang cocok untuk warna kulit sendiri. Jika asal pilih, bisa-bisa tampilan Anda terlihat pucat atau justru malah 'menor'.

Dilansir dari Medcom.id, berikut tips memilih lipstik sesuai dengan warna kulit:

1. Menemukan warnamu

Anda bisa mulai bandingkan warna lipstik yang Anda beli dengan warna kulit sendiri. “Mulailah dengan mencari warna yang sedikit lebih dalam dari warna bibir Anda sendiri,” ucap Michelle Spieler, penata rias Hollywood.

Untuk mengujinya, Spieler menyarankan agar gesek sekali lipstik di jari Anda dan tunggu untuk melihat warna apa yang berubah. Jika berubah menjadi oranye atau lebih hangat, itu bukan warna Anda.

Jika berubah menjadi terlalu ungu, kebiruan, atau lembek, itu juga bukan warna Anda. Tapi, jika warna di jari Anda cocok dengan warna di lipstik tersebut dan Anda menyukainya, ada baiknya untuk dicoba.

BACA: Wajib Coba! Ini Trik Make Up untuk Wanita Berkacamata

2. Menemukan rona kulit

Nuansa kulit biasanya dipecah berdasarkan warna cerah, sedang, zaitun, dan dalam. Selain itu, ada juga rona kulit hangat, dingin atau netral. Menemukan rona kulit caranya cukup mudah kok. Kebanyakan orang hanya menggunakan trik vena.

“Lihat bagian bawah pergelangan tangan Anda di siang hari atau cahaya terang,” kata Alex LaMarsh, penata rias selebriti Kim Kardashian.

"Jika pembuluh darah kamu tampak biru atau ungu, kamu memiliki rona kulit dingin, dan jika tampak hijau, rona kulit hangat. Jika warna pembuluh darah kamu adalah campuran keduanya, berarti rona kulitmu netral," tambah dia.

3. Lipstik terbaik untuk kulit sedang dengan rona kulit netral

Vanessa Hudgens, Kim Kardashian, dan Mila Kunis adalah contoh selebriti dengan kulit sedang dan rona kulit netral. Untuk warna kulit ini, warna merah muda kecoklatan dan warna peach cocok untuk digunakan.

Menurut seorang beauty expert Lauren Paglionico, Pemilik LRN Beauty, keduanya memberikan kilau yang indah pada warna kulit ini.

4. Lipstik terbaik untuk rona kulit dingin

"Salah satu hal yang saya sukai dari perempuan dengan kulit zaitun atau rona dingin (seperti Bella Hadid dan Alexa Chung) adalah kemampuan mereka untuk mengguncang lipstik warna merah mawar,” tutur LaMarsh.

Nuansa ini menghadirkan kehangatan dan kemerahan pada kulit sekaligus membuat warna mata lebih cerah.

BACA: Empat Bahan Skincare yang Membahayakan Ibu Hamil

5. Lipstik terbaik untuk kulit dalam dengan rona kulit hangat

Perempuan dengan kulit dalam dan warna hangat, seperti Gabrielle Union, Ciara, dan Halle Berry terlihat sangat memukau memakai warna merah maroon atau ungu anggur sekalipun. Warnanya menonjolkan efek keemasan di kulit sekaligus memberi pipi rona merah yang sehat.

“Saya senang melihat warna-warna indah ini muncul di kulit yang lebih gelap,” pungkas LaMarsh.


(UWA)

Berita Terkait