Dari Sunblock hingga Serum, Ini Beda Kebutuhan Skincare Pria dan Wanita 

Ilustrasi pemakaian skincare pada pria (ANTARA/freepik.com) Ilustrasi pemakaian skincare pada pria (ANTARA/freepik.com)

Jakarta: Skincare sudah menjadi kebutuhan bagi wanita maupun pria. Namun, perlu diingat bahwa kebutuhan skincare pria dan wanita tidak sama. Karena setiap kulit memiliki jenis dan kondisi berbeda-beda. 

Dermatologist dr. Ika Ayu, M.Biomed (AAM) menjelaskan kulit perempuan cenderung lebih tipis. Sementara struktur kulit laki-laki lebih tebal dengan pori-pori yang lebih besar juga. 

Ia juga mengatakan, pria lebih membutuhkan sunblock karena cenderung lebih banyak beraktivitas di luar ruangan. Tanpa sunblock, kulit menjadi rentan berminyak dan berjerawat. Tetapi, jenis sunblock yang digunakan juga tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Empat Bahan Skincare yang Membahayakan Ibu Hamil

“Sunblock-nya (laki-laki) berbeda dari perempuan. Kalau laki-laki itu yang oil free atau water based. Karena hampir semua laki-laki kulitnya berminyak,” jelas Ika, dilansir dari Antaranews.com, Jumat, 22 Juli 2022.

Pemilihan serum baik untuk laki-laki dan perempuan juga harus dilakukan dengan hati-hati. Salah memilih serum justru dapat membuat kulit rusak.

“Serum perempuan sama laki-laki berbeda. Karena laki-laki kurang aware, jadi cenderung iritasi. Jadi penting untuk dikonsultasikan,” ujarnya. 

Ika berharap, tidak hanya wanita yang peduli dengan kesehatan serta perawatan kulitnya. Karena kulit pria juga memerlukan skincare sesuai dengan jenis dan kebutuhannya masing-masing.


(UWA)

Berita Terkait