Polisi Buru Relawan yang Tendang Sesajen Gunung Semeru

Kabid Humas Polda Jatim Gatot Repli Handoko (Foto / Metro TV) Kabid Humas Polda Jatim Gatot Repli Handoko (Foto / Metro TV)

LUMAJANG : Polisi tengah mencari pelaku pembuang sesajen di kawasan Gunung Semeru. Upaya ini dilakukan setelah video aksi tak terpuji itu viral di media sosial. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, selain memburu pelaku, pihaknya juga tengah mencari pemilik akun yang mengunggah video tersebut.

"Pencarian dilakuakn untuk mempermudah penelusuran terhap pelaku maupun motifnya. Saat ini Tim di lapangan masih melakukan monitoring," katanya, Senin 10 Januari 2022.

Gatot belum mengetahui identitas pelaku dalam video viral tersebut. Namun, dia memastikan bahwa yang bersangkutan merupakan relawan pendatang. "Apa pun motifnya, tindakan seperti itu tidak dibenarkan. Sebab, perbuatan itu mengandung SARA dan melanggar etika kearifan lokal," katanya.

Baca Juga : Heboh Pria Berjubah Tendang Sesajen di Semeru, Begini Perintah Bupati Lumajang

Atas kasus ini pihaknya juga sudah mengimbau kepada Forkopimda Lumajang untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, terutama para pendatang. Sebab, pihaknya tidak ingin, situasi Lumajang yang sudah kondusif pascaerupsi rusak lagi oleh kegiatan yang mengandung SARA.

Diketahui, video seorang relawan menendang sesajen di Gunung Semeru viral di media sosial. Akibat ulah tersebut, masyarakat dan bahkan Bupati Lumajang Thoriqul Haq kecewa.

"Apa pun motifnya jadi bagian relawan ke Lumajang, tentu saya kecewa tindakan itu. Itu melanggar tata nilai yang kami hidup berdampingan bersama dengan seluruh agama, seluruh suku di Lumajang," ucap Cak Thoriq.

 


(ADI)

Berita Terkait