Heboh Pria Berjubah Tendang Sesajen di Semeru, Begini Perintah Bupati Lumajang

Sosok pria yang membuang sesaji di Semeru (Foto / istimewa) Sosok pria yang membuang sesaji di Semeru (Foto / istimewa)

LUMAJANG : Beradar sebuah video yang viral di Lumajang. Video tersebut berisi aksi seorang pria berjubah sedang menendang sesajen yang diletakkan di Gunung Semeru. Diduga, pria tersebut merupakan relawan yang berada di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Pronojiwo.

Aksi tersebut direspon Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Dia mangaku kecewa dengan ulah pria tersebut. Dia memastikan pria tersebut bukan warga Lumajang. Seharusnya kata  Cak Thoriq, relawan tersebut harusnya mengurus tugasnya bukan malah melanggar nilai-nilai yang ada di masyarakat lokal sekitar Gunung Semeru.

"Apa pun motifnya jadi bagian relawan ke Lumajang, tentu saya kecewa tindakan itu. Itu melanggar tata nilai yang kami hidup berdampingan bersama dengan seluruh agama, seluruh suku di Lumajang" ucap Cak Thoriq, Minggu 9 Januari 2022.

Baca Juga : Kasus Dugaan Pembantaian Lumba-Lumba di Pacitan, Begini Kata Polisi

Dia berencana meminta bantuan kepada kepolisian untuk mencari siapa sosok pria yang melakukan aksi menendang sesaji itu. Sebab, tindakannya dianggap meresahkan warga setempat. "Saya minta segera untuk dicari, dan saya minta harus untuk pelaku mengklarifikasi supaya ini tidak mengganggu kami yang ada di Lumajang saat ini damai," ujarnya.

Selanjutnya dia berencana bakal mengedukasi para relawan yang masih bertugas di kawasan bencana erupsi Gunung Semeru, agar menghormati kearifan lokal warga setempat. "Harus ada segera langkah-langkah melakukan pemahaman kembali kepada seluruh relawan yang datang di Lumajang adalah prioritasnya urusan kemanusiaan. Ada masyarakat kena bencana, relawan datang karena urusan kemanusiaan bukan karena urusan lain," katanya.

Sebelumnya viral di media sosial sebuah video yang menampilkan seorang laki-laki membuangan sesaji di kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Ada dua video yang beredar dengan durasi 30 detik dan 20 detik. Tampak di dua video itu, pria dengan menggunakan pakaian abu-abu, rompi hitam, dan penutup kepala berwarna hitam membuang dan menumpahkan beberapa sesaji.

Sesaji berupa beras, bunga, pisang itu diletakkan di sebuah tempat lalu dibuang pria tersebut. Bahkan di salah satu video, pria ini mengambil sebuah sesaji yang diduga dijadikan rangkaian sembayang agama Hindu itu. Sebab terlihat sesaji berupa canang sari diambil dari tempat persembahyangan kecil agama Hindu yang biasanya ada di rumah-rumah, atau desa. Sesaji itu dia buang sambil mengucapkan takbir beberapa kali.


(ADI)

Berita Terkait