Penyebab Munculnya Jerawat, Mulai dari Gaya Hidup hingga Pola Makan

Ragam Penyebab Munculnya Jerawat, Gaya Hidup Tak Sehat hingga Stres (Foto: instagram) Ragam Penyebab Munculnya Jerawat, Gaya Hidup Tak Sehat hingga Stres (Foto: instagram)

Jerawat merupakan permasalahan yang sering melanda berbagai usia. Banyak faktor yang mengakibatkan kemunculan jerawat. Selain gaya hidup, pola makan pun berpengaruh besar terhadap kemunculan jerawat.

“Masalah jerawat utamanya dipicu oleh gaya hidup kurang sehat, pola diet tidak seimbang, produksi minyak berlebih pada kulit, dan stres,” kata dr Ricky Fernando Maharis dilansir dari Gaya.id, Rabu, 14 September 2022.

Kondisi iklim tropis di Indonesia turut memengaruhi sehingga produksi keringat jadi lebih tinggi. Faktor lingkungan pun dapat memicu timbulnya jerawat, terutama yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi.

“Jerawat juga mudah muncul pada mereka yang bertempat tinggal di kota besar yang tinggi tingkat polusinya,” ungkapnya.

Universitas Airlangga pada 2022 menyebutkan bahwa permasalahan jerawat dialami oleh 9,4% populasi di dunia, dengan prevalensi tertinggi pada usia remaja. Jerawat dapat dialami semua usia, antara usia 1-12 bulan, usia remaja, hingga dewasa. Angka kejadian pada usia remaja lebih tinggi pada laki-laki. Namun, pada usia dewasa lebih banyak dialami oleh perempuan.

“Jerawat umumnya banyak terjadi di usia remaja atau 13 tahun ke atas karena ketidakstabilan hormon, yang biasanya mereda ketika menginjak usia 25 tahun. Namun, sekarang banyak pasien berusia dewasa yang mengeluhkan masalah jerawat, termasuk body acne yang umumnya muncul di bagian punggung dan dada,” jelas Head Doctor Clinic de Votre Peau Gading Serpong, dr. Mishael Octaviany.

Ia mengatakan hal tersebut biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Seperti kurang tidur, pola makan tinggi lemak dan gula, serta penggunaan masker saat pandemi.

Sebelumnya, penanganan jerawat lebih fokus mengatasi masalah saat jerawat telah muncul. Seiring dengan kemajuan industri kecantikan, saat ini jerawat ditangani dengan perawatan kombinasi, termasuk perawatan wajah sehari-hari menggunakan skincare. Tujuannya, untuk merawat kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Menurut dr. Mishael, salah satu cara termudah untuk mencegah munculnya jerawat adalah dengan melakukan skin investment, seperti rutin melakukan facial. Serta, treatment antiaging seperti botox dan salmon DNA injection.

 

BACA: Ekstrak Bunga Magnolia Bisa Atasi Kerutan Hingga Jerawat
BACA: Ternyata Lidah Buaya Bisa Atasi Jerawat Lho!
BACA: Bekas Jerawat Susah Hilang? Catat 4 Kandungan dalam Skincare Ini Dapat Hilangkan Bekas Jerawat


(SUR)

Berita Terkait