Ternyata Lidah Buaya Bisa Atasi Jerawat Lho!

Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sendirinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan sendirinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Clicks: Lidah buaya merupakan tumbuhan tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening yang kaya manfaat. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya sudah terbukti dapat membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan luka.

Hal ini membuatnya dapat menyembuhkan masalah psoriasis, ruam, serta luka bakar. Juga, pastinya dapat membantu untuk mengatasi jerawat.

Dilansir dari Gaya.id pada Minggu, 7 Agustus 2022, ada penelitian terbatas mengenai kemampuan lidah buaya untuk melawan jerawat secara khusus, namun penelitian yang sudah ada cukup menjanjikan. Lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang, yang semuanya menghambat bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

 

BACA: Bekas Jerawat Susah Hilang? Catat 4 Kandungan dalam Skincare Ini Dapat Hilangkan Bekas Jerawat

 

Sedangkan, studi lain menemukan bahwa menggunakan gel lidah buaya 50 persen dengan krim tretinoin secara signifikan lebih efektif dalam membersihkan jerawat daripada krim tretinoin saja. Krim tretinoin merupakan obat jerawat yang berasal dari vitamin A.

Walaupun, gel lidah buaya bisa membantu menghilangkan jerawat dengan sendirinya, gel lidah buaya mungkin lebih efektif apabila dikombinasikan dengan pengobatan atau obat lain.

Berikut adalah cara menggunakan gel lidah buaya guna mengatasi jerawat:
1. Kikis gel dari daun lidah buaya dengan sendok.
2. Oleskan gel ke kulit ketika menerapkan perawatan jerawat lainnya.
3. Ulangi 1-2 kali sehari, atau sesuai keinginan.
4. Dapat juga membeli gel lidah buaya dalam bentuk kemasan. Namun, perlu dipastikan itu adalah gel lidah buaya murni dan tidak mengandung bahan tambahan.


(SUR)