PLN Jatim Siagakan 4.782 Personel Pastikan Listrik Aman saat Idulfitri

Ilustrasi - Petugas PLN melakukan pemeriksaan infrastruktur untuk menjaga pasokan listrik bagi masyarakat. (ANTARA/HO-PLN UID Jatim) Ilustrasi - Petugas PLN melakukan pemeriksaan infrastruktur untuk menjaga pasokan listrik bagi masyarakat. (ANTARA/HO-PLN UID Jatim)

Surabaya: PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur pastikan pasokan listrik aman selama musim libur Idulfitri 1445 Hijriah. Sebanyak 4.782 personel disiagakan di ratusan posko di seluruh Jawa Timur.

"Sebanyak 4.782 personel disiagakan di 144 posko seluruh Jawa Timur untuk memastikan keandalan pasokan tenaga listrik demi mendukung kekhidmatan ibadah dan kelancaran mudik selama Idul Fitri 1445 Hijriah," ujar General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo dikutip dari Antara, Kamis, 4 April 2024.

Agus mengatakan daya mampu kelistrikan 9.999 MW, beban puncak 6.413 MW, dan cadangan daya 2.204 MW atau setara dengan 34,36 persen. Sementara itu, PLN mengatakan beban puncak turun sebesar 16,73 persen karena banyak industri yang berhenti produksi. Maka dari itu, cadang daya dipastikan menjadi lebih besar.

"Dari pembangkitan hingga distribusi semua sudah disiapkan. Prioritas pengamanan pada lokasi ibadah, lapangan kegiatan keagamaan, obyek vital seperti bandara, stasiun, terminal, pelabuhan dan lainnya," kata Agus.

Ribuan personel tersebut akan bersiaga dengan 88 genset mobile, 49 Uninterruptible Power Supply (UPS), 199 Unit Gardu Bergerak (UGB), 12 UKB, 14 crane, dan 1 mini scada mobile.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga ditambahkan menjadi 47 unit di sepanjang jalan tol Jawa Timur mengingat jumlah kendaraan listrik yang meningkat. SPKLU tersebut dikatakan Agus tersebar di 19 lokasi.

Dengan itu, total SPKLU di Jawa Timur terdapat 109 unit di 49 lokasi. Masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik dapat mengakses aplikasi PLN Mobile untuk mengetahui lokasi SPKLU terdekat dan terjangkau.


(SUR)

Berita Terkait