Bengkel Ketok Magic Pakai Jin? Begini Faktanya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Ketok magic merupakan salah satu metode perbaikan body mobil yang populer di masyarakat. Body mobil yang penyok hingga rusak parah bisa kembali mulus. Sesuai namanya, bagi orang awam metode ini seringkali dikaitkan dengan menggunakan kekuatan gaib.

Ini tak lepas dari penamaan ketok magic itu sendiri. Terkesan hanya diketok saja, body mobil yang rusak parah bisa kembali seperti semula. Ketok magic semakin menjadi misteri lantaran biasanya proses pengerjaan dilakukan di tempat tertutup. Banyak yang bilang proses tertutup ini mungkin dibantu kekuatan jin.

Namun faktanya ketok magic murni menggunakan keahlian tangan manusia. Alat-alat yang digunakan terbuat dari lempengan besi yang dibuat secara khusus. Lempengan besi tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu teter dan lamak.

Fungsi teter untuk menahan palu di bagian depan, sementara lamak untuk menahan palu di bagian dalam. Seperti namanya, ketok magic dikerjakan dengan cara mengetok body mobil hingga kembali ke bentuk semula. Pengetokan mengeluarkan suara berisik. Atas alasan ini membuat proses pengerjaan dilakukan di tempat tertutup.

Baca juga : Tak Hanya Jeruk, 5 Buah Ini Kaya Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

Pemilik bengkel tidak ingin pelanggan dan warga sekitar sekitar terganggu. Ketok magic tidak hanya memperbaiki penyok atau goresan, tetapi juga proses pengecatan kembali badan mobil. Harga ketok magic beragam, namun relatif lebih murah dibandingkan ke bengkel resmi atau modern.

Penggunaan alat-alat yang masih sederhana mungkin menjadi penentu harga. Bahkan, ada bengkel ketok magic yang membuka harga perbaikan goresan hanya Rp100.000. Alasan lain kenapa bengkel ketok magic lebih murah adalah karena mereka hanya fokus memperbaiki, bukan mengganti spare part.

Ketok magic hingga saat ini masih menjadi pilihan pemilik mobil yang ingin memperbaiki kerusakan pada body mobil.


(ADI)

Berita Terkait