Tak Hanya Jeruk, 5 Buah Ini Kaya Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi buah-buahan. Foto: iStock Ilustrasi buah-buahan. Foto: iStock

JAKARTA: Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi berbagai buah-buahan seperti jeruk.

Namun sebenarnya, tidak hanya jeruk yang menjadi sumber vitamin C untuk tubuh. Dirangkum dari 99.co, berikut lima buah yang mengandung vitamin C dengan jumlah tinggi:

1. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C sebanyak 126 miligram. Kandungan tersebut sanggup mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebesar 140 persen.

Selain kaya vitamin C, buah ini pun terbukti dibekali kandungan antioksidan likopen. Inilah alasan mengapa mengonsumsi jambu biji dapat mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu dalam tubuh.

BACA: Menderita Darah Rendah? Yuk, Coba 5 Buah Ini

2. Cabai

Makanan yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah cabai. Anda bisa mendapatkan 109 miligram vitamin C dalam satu buah cabai hijau yang mampu mencukupi kebutuhan harian hingga 121 persen.

Di samping mengandung vitamin C, cabai juga mengandung capsaicin yang tinggi. Senyawa ini berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan serta membantu meningkatkan pembakaran lemak.

3. Paprika kuning

Kandungan vitamin C yang terdapat pada paprika bisa meningkat seiring bertambah tuanya sayuran satu ini. Hanya dengan mengonsumsi 75 gram paprika kuning, Anda bisa mendapatkan 137 miligram vitamin C atau setara dengan 152 persen kebutuhan tubuh.

Dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, paprika kuning terbukti bermanfaat untuk mencegah penyakit mata. Salah satunya, penyakit katarak.

BACA: Catat! 4 Buah Ini Rendah Indeks Glikemik dan Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Stroberi

Buah berikutnya adalah stroberi. Per 100 gram penyajian, stroberi mengandung 59 miligram vitamin C atau memenuhi 65 persen kebutuhan vitamin C harian.

Meski begitu, hindari memakan stroberi terlalu banyak. Sebab, rasa masam yang dimiliki justru dapat memicu nyeri lambung.

5. Pepaya

Pepaya adalah buah yang baik dikonsumsi sebagai makanan untuk sahur. Pasalnya, pepaya mempunyai serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Salah satunya adalah vitamin C yang terdeteksi sebanyak 51 miligram atau mencapai 97 persen kebutuhan harian. Pepaya juga bermanfaat untuk membantu daya ingat karena memiliki efek antiinflamasi yang kuat di otak.


(UWA)

Berita Terkait