Ricuh, Pengajian di Pasuruan Dibubarkan Massa

Viral detik-detik acara pengajian di Pasuruan dibubarkan massa (Foto / Istimewa) Viral detik-detik acara pengajian di Pasuruan dibubarkan massa (Foto / Istimewa)

PASURUAN : Massa berjumlah ratusan orang membubarkan pengajian yang digelar di Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Selasa 20 Juni 2023. Aksi itu diduga karena pengajian tak mengantongi izin dari perangkat desa. Aksi pembubaran diwarnai kericuhan.

Massa juga sempat merobohkan pagar di lokasi pengajian tersebut. Jemaah sempat tetap melanjutkan pengajian meski massa sudah berdatangan. Namun akhirnya kegiatan itu dihentikan setelah terjadi keributan.

"Kita tidak ingin Indonesia disisipi ajaran khilafiah, kegiatan ini sudah berlangsung selama 16 tahun. Kemarin saat 2016 ada kegiatan yang sama dan ternyata mengulangi lagi. Harus dibubarkan agar tidak diulangi selamanya," kata salah seorang warga, Haji Salam.

baca juga : 1 dari 2 Bocah Hanyut di Sungai Brantas Malang Ditemukan Tewas

Beruntung aksi itu dapat diredam Kasat Intel Polres Pasuruan, AKP Warjiin, dan Plt Kapolsek Purwosari, Iptu Yohanes. Para jemaah pengajian pun akhirnya membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing. Demi mengantisipasi peristiwa susulan, polisi dan prajurit TNI disiagakan di lokasi pengajian.


(ADI)

Berita Terkait